Seken Keren: Honda CR-V Kura-kura Punya Masalah di Kaki-kaki & Transmisi, Siapkan Dana Segini Buat Perbaikan

Harun Rasyid - Minggu, 23 Februari 2020 | 19:25 WIB
Ilustrasi Honda CR-V Gen 3
Hdwallpaperpulse.com
Ilustrasi Honda CR-V Gen 3

GridOto.com - Dalam meminang Honda CR-V gen 3 bekas, penting bagi calon pembeli untuk tahu penyakit SUV tersebut.

Sebab sebagai kendaraan berbodi besar, Honda CR-V butuh perawatan khusus pada bagian kaki-kaki.

Untuk Honda CR-V bekas yang telah berumur 5 tahun lebih kendala di bagian kaki-kaki, menurut Deden Hamdani, Owner bengkel spesialis Honda, Auto Broundtax Motor (ABM) adalah hal yang lumrah.

"Seal kaki-kaki CR-V lama biasanya rembes dan mulai getas, bushing pada retak yang berakibat suspensi jadi keras. Buat CR-V 2.0 biasanya bunyi-bunyi power steering-nya, kalau 2.4 paling ganti part kaki-kaki aja karena bocor, biaya perbaikannya sekitar Rp 2 jutaan," sebut Deden, Sabtu (22/2/2020).

(Baca Juga: Seken Keren: Masih Jadi Flagship SUV Honda, Biaya Servis CR-V di Bengkel Spesialis Cuma Segini)

"Jadi perbaikannya itu semua seal di ganti dan buat kaki-kaki ini kami kasih garansi setahun. Untuk ganti sokbreker 1-nya sekitar Rp 3 jutaan," jelasnya lagi kepada GridOto.com.

Deden mengungkapkan, sempat menemukan beberapa kasus Honda CR-V di bagian transmisi terutama jenis otomatis.

"Di mobil seken itu tergantung pemakaian sebelumnya, apakah ganti oli transmisinya rutin atau enggak. Sementara transmisi matic memang ada lifetime-nya, kalau kasus biasanya sensornya rusak," ungkap pria yang dahulu bekerja di bengkel resmi Honda tersebut.

Ilustrasi indikator D menyala kedap- kedip di panel mobil Honda
Youtube.com
Ilustrasi indikator D menyala kedap- kedip di panel mobil Honda


"Ciri sensor transmisi rusak itu indikator panel 'D' kedap-kedip, biasanya orang malah dipaksa jalan padahal sensornya sudah kasih informasi kalau ada masalah. Dampaknya jika dipaksa jalan bisa merembet, dari yang tadinya betulin sensor cuma Rp 700 ribu malah transmisi slip atau gak bisa jalan," terang Deden lagi.

Editor : Eka Budhiansyah

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa