Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bagi Pecinta Audio Mobil, Kamu Harus Ketahui Nih Aliran Audio SQL

Radityo Herdianto - Rabu, 12 Februari 2020 | 10:00 WIB
Speaker depan 3 way Black Series dari Venom untuk Daily SQL
Aditya Pradifta
Speaker depan 3 way Black Series dari Venom untuk Daily SQL

GridOto.com - Modifikasi audio mobil tidak memiliki tolak ukur karena sifatnya yang subjektif tergantung selera telinga pemilik mobil.

Namun, secara keseluruhan, tren audio mobil yang sekarang cukup marak dilakukan pemilik mobil adalah mengutamakan aliran SQL atau Sound Quality Loudness.

Apa sih aliran audio mobil Sound Quality Loudness itu?

"SQL sendiri berpatokan dasar pada SQ atau Sound Quality, dimana rentang frekuensi setiap speaker dibuat saling mengisi dan seimbang," buka Richard Kurniawan, Marketing bengkel spesialis audio Kramat Motor kepada GridOto.com.

Sama seperti SQ, SQL mengutamakan kekuatan frekuensi mid dan high untuk kejernihan suara tinggi dan vocal yang dihasilkan.

Speaker 3way untuk suara depan
Speaker 3way untuk suara depan

(Baca Juga: Headrest Monitor Clip-on Lebih Banyak Diminati, Ternyata Karena Ini)

Sedangkan frekuensi low hanya bersifat mengisi kekosongan frekuensi dari mid dan high agar memberikan kesan suara yang 'padat'.

"Bedanya dengan SQ, SQL menitikberatkan pada loudness, nada tinggi yang dihasilkan dengan volume keras tetap jernih tidak pecah atau noise," tekan Richard.

Untuk mendukung tingkat suara yang keras tetap jernih, diperlukan speaker audio mobil jenis 3-Way yang terdiri dari subwoofer, mid range, dan tweeter.

Setiap speaker akan mendapatkan pembagian frekuensi yang sesuai agar suara yang dihasilkan bisa terfokus dan optmal pada satu jenis frekuensi saja.

"Low khusus di bass, mid khusus di mid-range, dan high di tweeter sehingga tidak ada frekuensi yang tumpang tindih atau 2 frekuensi di 1 speaker," jelas Richard.

Editor : Dwi Wahyu R.

Bahaya Airsus Kalau Pasangnya Sampai Seperti Ini, Bisa Bocor Di Jalan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa