Lisensi MotoGP, Motul GP Power & GP Matic Malah Bukan Varian Tertinggi, Ini Alasannya

Harun Rasyid - Kamis, 6 Februari 2020 | 19:10 WIB
Ilustrasi Motul GP Power
Harun/GridOto.com
Ilustrasi Motul GP Power

GridOto.com - Motul, kini boleh jadi satu-satunya merek oli di Indonesia yang mempunyai produk berlisensi resmi dari MotoGP.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Motul GP Power dan GP Matic yang diluncurkan Kamis, (6/2/2020) oleh pihak Motul Indonesia di Sentul Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat.

Namun, varian oli hasil kerjasama dengan Dorna ini, justru bukan produk tertinggi dari merek oli asal Prancis tersebut.

Jika melihat dari segi harga, Motul masih memiliki tipe 5100 yang harga pasarannya berkisar Rp 130 ribuan, sedangkan Motul GP Power dan GP Matic dibanderol Rp 90 ribu.

(Baca Juga: Ingin Coba Sensasi Oli Berlisensi MotoGP? Cuma Butuh Rp 90 Ribu Aja Sob!)

Carlo Savoca, selaku Managing Director Motul Indonesia menjelaskan Motul GP dengan 5100 secara kualitas tidak berbeda jauh.

Motul GP Matic
Harun/GridOto.com
Motul GP Matic


"Motul GP Power atau GP Matic sebenarnya tidak beda jauh dengan Motul 5100, yang membedakan cuma bahan dasarnya, Motul 5100 itu oli semi sintetik yang ada kandungan ESTER-nya," ujar Marco, Kamis (6/2/2020).

ESTER sendiri adalah kandungan yang dapat menjamin properti anti aus yang dapat meningkatkan perlindungan mesin, serta daya tahan lebih pada oli itu sendiri.

"Motul GP Power dan Matic adalah oli untuk berkendara harian yang affordable dari segi harga, namun memberikan performa tinggi. Produk ini juga buat menjangkau masyarakat dengan motor yang 'umum'. Jadi bukan motor gede saja seperti Royal Enfield atau MV Agusta," jelas Carlo.

(Baca Juga: Ban Motor Masih Tebal Namun Timbul Keretakan? Mungkin Ini Sebabnya)

Jadi bagi yang menginginkan oli motor berperforma tinggi di atas rata-rata, disarankan memakai Motul 5100.

Motul 5100 dengan API SM
Motul 5100 dengan API SM


Berdasarkan grade API yang ada di kemasan oli, Motul 5100 sudah API SM, yang artinya lebih tinggi kualitasnya dibanding Motul GP yang masih memakai API SL.

Sebab indikator kualitas oli, ditentukan dari abjad setelah huruf S pada API, semakin tinggi abjadnya, semakin tinggi juga kualitasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa