Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Disepelekan! Yuk Kenali Tanda Awal Mengantuk Saat Berkendara dan Cara Mengantisipasinya

Latifa Alfira Ulya - Jumat, 8 November 2019 | 07:05 WIB
Ilustrasi berkendara
GridOto.com
Ilustrasi berkendara

GridOto.com - Salah satu pemicu kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi karena pengendara mengalami rasa ngantuk dan lelah yang tak tertahankan.

Terlebih jika mengemudi di Jalan Tol, karena di jalan bebas hambatan ini cenderung memiliki jalur yang monoton sehingga membuat pengendara mudah bosan dan ngantuk.

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu harus tau nih tanda-tanda awal ngantuk dan lelah saat berkendara.

Menurut Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, tanda-tanda awal ngantuk dan lelah saat berkendara yaitu saat otak sudah mulai tidak terstimuli terhadap sesuatu yang dilihat.

(Baca Juga: Sopir Mengantuk, Mobil Box Hantam Pertamini Sebabkan Kebakaran Rumah, 5 Orang Kritis dan Satu Balita Meninggal Dunia)

"Stimuli yaitu membaca apa yang dia lihat. Misalkan kita sedang mengemudi, kita lihat orang di pinggir jalan, kita langsung antisipasi kalau dia mau menyeberang atau apa, itu tandanya otak terstimuli," jelas pria yang akrab disapa Jusri itu seperti yang dikutip dari Kompas.com.

"Atau kita lihat bus sedang menyusul, kita langsung antisipatif, itu tandanya otak terstimuli, sedangkan kalau kita lelah dan kantuk, tidak bisa," sambungnya.

Jusri menambahkan, jika mulai merasa tanda-tanda awal ngantuk dan lelah, sebaiknya segera mencari tempat untuk beristirahat.

"Jika sudah terasa ada tanda-tanda letih segara berhenti di tempat aman. Tapi karena itu, otak itu harus distimuli terus. Bisa dengan mendengarkan usik, mengobrol ringan dan melatih tindakan antisipatif di dalam otak kita," paparnya.

(Baca Juga: Sopir Diduga Mengantuk, Bus Mira Seruduk Rumah Warga di Klaten)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa