Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setang Piston Mesin Mobil Wajib Diganti Kalau Kondisinya Seperti Ini

Radityo Herdianto - Kamis, 7 November 2019 | 15:00 WIB
Ilustrasi Bongkar Mesin Mobil
Radityo Herdianto
Ilustrasi Bongkar Mesin Mobil

GridOto.com - Komponen setang piston mesin mobil merupakan salah satu slow moving part yang seharusnya tidak perlu diganti selama pemakaian.

"Namun dalam kondisi tertentu bahkan sampai ekstrim setang piston wajib diganti agar kerusakan mesin mobil tidak semakin parah," ujar Wahidin Jaelani, Service Manager Astrido Daihatsu Daan Mogot, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Saat dilakukan servis besar, jika terdapat baret di dinding silinder hanya pada satu sisi berarti ada indikasi setang piston bengkok.

Itu adalah pertanda gerak naik-turun piston sudah tidak presisi, condong menekan di satu sisi.

"Karena setang piston bengkok akan bergerak di luar poros crankshaft dan menarik paksa piston bergerak keluar dari dinding silinder," jelas Wahidin.

Flooding trek yang ada di Toyota Driving Experience untuk mengetahui kemampuan mobil saat melintas jalan dalam kondisi banjir.
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Flooding trek yang ada di Toyota Driving Experience untuk mengetahui kemampuan mobil saat melintas jalan dalam kondisi banjir.

(Baca Juga: Waduh, Cuci Mobil Bisa Bikin Bengkok Setang Piston, Kok Bisa?)

Pemilik mobil yang jarang mengganti oli mesin juga bisa menyebabkan kerusakan setang piston.

Daya lubrikasi oli yang berkurang akan menyebabkan komponen metal jalan cepat aus bahkan crankshaft bisa menggerus rumah dudukannya di setang piston.

"Faktor eksternal lainnya jika mobil pernah kena banjir atau air intake kemasukan air sampai mesin mobil mati dan kena water hammer," lanjut Wahidin.

Dalam kasus ini, saat air masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar akan menghasilkan tekanan tinggi berlebih dan mendorong paksa piston ke bawah.

Setang piston akan menahan dorongan dari piston di luar batas toleransi sehingga menyebabkan setang piston bengkok dan mesin macet.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa