Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Recall Daihatsu Gran Max dan Luxio, Ini Opini Bengkel Spesialis

Taufan Rizaldy Putra - Rabu, 6 November 2019 | 17:00 WIB
Ilustrasi Daihatsu Luxio
Dok Otomotif Group
Ilustrasi Daihatsu Luxio

GridOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan recall terhadap Daihatsu Gran Max dan Daihatsu Luxio periode produksi Maret 2018 sampai April 2019.

Recall tersebut dilakukan karena connecting rod atau setang piston kedua mobil tersebut berisiko retak karena kesalahan produksi.

Kami pun menyambangi Auto Mekanika, salah satu bengkel binaan Astra di Bintaro, Tangerang Selatan, untuk menanyakan permasalahan ini.

"Kalau usia mobilnya masih 1-2 tahun dan ada mobil yang sampai patah setang pistonnya, kemungkinan besar memang cacat produksi. Tapi harus diingat ada faktor lain yang berkaitan juga," ungkap Abdul Wahid, kepala mekanik Auto Mekanika.

Abdul sendiri belum pernah menemukan mobil dengan mesin 3SZ baik itu Daihatsu Gran Max, Luxio, bahkan Toyota Rush dan Daihatsu Terios dengan permasalahan tersebut.

Setang Piston atau Connecting Rod Daihatsu Gran Max dan Luxio
Radityo Herdianto
Setang Piston atau Connecting Rod Daihatsu Gran Max dan Luxio

(Baca Juga: Setang Piston Gran Max dan Luxio Putus, Komponen Ini Kena Imbas)

"Karena tadi disebutkan produksi Maret tahun lalu, ya kebanyakan mobilnya masih servis di bengkel resmi ya. Kalau seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios lama dengan mesin sama juga saya belum pernah ketemu (masalah tersebut)," ujarnya.

Bicara soal faktor lain yang berkaitan pada kerusakan setang piston, Abdul mengungkapkan pentingnya menggunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai serta penggantian oli yang rutin dan tepat.

"Setang piston bermasalah bisa karena mesinnya detonasi dan dibiarkan terus menerus juga. Bisa juga karena oli tak sesuai dan lama tak diganti sehingga komponen-komponen di dalam aus karena gesekan," tutup pria ramah ini.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa