Setang Piston Gran Max dan Luxio Putus, Komponen Ini Kena Imbas

Ryan Fasha - Selasa, 5 November 2019 | 17:00 WIB
Daihatsu Luxio
Dok Otomotif Group
Daihatsu Luxio

GridOto.com - Masalah pada setang piston atau connecting rod Daihatsu Gran Max dan Luxio bermesin 3SZ-VE 1.500 cc mengharuskan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan recall sebanyak lebih dari 36 ribu unit.

Daihatsu Gran Max dan Luxio bermesin 3SZ-VE 1.500 cc yang di-recall akibat masalah di setang piston adalah produksi Maret 2018 - April 2019.

Bila setang piston ini sampai mengalami putus atau patah, banyak komponen lain yang juga terkena dampak dan bisa ikut rusak.

Hal ini diungkapkan oleh Anjar Rosjadi selaku Technical Service Division Head PT ADM yang melakukan pemeriksaan terhadap 6 unit Daihatsu Gran Max dan Luxio.

"Saat ditemukan kasus 5 dari 6 mobil yang mengalami putus setang piston, komponen lainnya juga terkena imbas," ucap Anjar saat dihubungi Gridoto.com (2/11).

Mesin Daihatsu Luxio
Dok. Otomotif
Mesin Daihatsu Luxio

(Baca Juga: Recall Daihatsu Gran Max dan Luxio, 36.915 unit Kena Gara-gara Ini)

Ini karena setang piston merupakan komponen penting di dalam mesin mobil.

Fungsi setang piston adalah menghubungkan piston ke kruk as dan mengubah gerak naik turun piston menjadi putaran di kruk as.

Tak heran, bila sedikit saja terjadi kerusakan pada setang piston, maka akan merusak komponen lain.

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa