Kendaraan Listrik Mulai Dilirik Oleh Masyarakat, Akankah Jakarta Bebas Polusi?

M. Adam Samudra - Senin, 28 Oktober 2019 | 13:40 WIB
Ilustrasi charging station mobil listrik
Otomotifnet.com/Harryt
Ilustrasi charging station mobil listrik

GridOto.com - Komitmen Pemerintah untuk mengurangi tingkat polusi udara di kota besar termasuk Jakarta perlu mendapatkan dukungan dari semua lapisan masyarakat.

Hal itulah yang disampaikan oleh Pemerhati Masalah Transportasi Budiyanto.

Budiyanto menilai perlu adanya dukungan dari para pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dibidang lalu lintas dan angkutan Jalan.

"Sejalan degan komitmen tersebut, pemerintah berkeinginan dan merasa perlu untuk mengembangkan kendaraan bermotor bertenaga energi listrik," ujar Budiyanto kepada GridOto.com di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Mantan Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya ini mengaku, dari hasil pengkajian bahwa kendaraan bermotor bertenaga listrik sangat ramah lingkungan.

(Baca Juga: Mitsubishi Lebih Pilih Turbin Dibanding Fuel Cell Sebagai Teknologi Mobil Listrik Masa Depan)

"Apabila ini dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik secara bertahap akan mengurangi tingkat polusi dan meningkatkan kualitas udara," paparnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta secara bertahap akan mengembangkan angkutan massal Trans Jakarta dengan menggunakan energi listrik.

Sementara untuk kendaraan bermotor roda dua bertenaga listrik di wilayah DKI sudah banyak dipasarkan dan masyarakat banyak yang gunakan sebagai sarana transportasi untuk mendukung kegiatan sehari - hari.

(Baca Juga: Blak-blakan Stevanus: Ini yang Harus Dipertimbangkan Jika Mau Bangun Charging Station Kendaraan Listrik)

"Ini mengindikasikan ada perubahan tren perkembangan pada moda transportasi yang ramah lingkungan," tuturnya.

Editor : Hendra

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X