Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dikira Cuma Buka Baju, Ternyata Kawasaki Z H2 Banyak Bedanya Dari Ninja H2

Harry - Rabu, 23 Oktober 2019 | 18:52 WIB
Kawasaki Z H2 meluncur di Tokyo Motor Show 2019
Kawasaki
Kawasaki Z H2 meluncur di Tokyo Motor Show 2019

GridOto.com-Sempat bocor beberapa waktu lalu, akhirnya Kawasaki mengenalkan Z H2, naked bike dengan mesin supercharged pertama di dunia.

Motor ini sendiri rilis di Tokyo Motor Show 2019, berbarengan dengan Ninja ZX-25R yang juga jadi perbincangan hangat sob.

Dan ternyata kalau kalian banyak menyebut ini adalah Kawasaki Ninja H2 yang dibuka baju alias fairingnya, itu salah sob, soalnya bedanya banyak banget. Kita bahasa satu-satu.

(Baca Juga: Punya Bentuk Mirip, Ini Bedanya Antara Kawasaki Ninja 250 Yang 4 Silinder dan 2 Silinder)

Bicara Z H2 tentu yang jadi highlight utama dari motor ini adalah mesin 4 silinder dengan supercharged, yup mirip mesinnya ini Kawasaki Ninja H2 ya?

Tapi pabrikan geng hijau ini merevisi beberapa bagian loh karena motor ini difokuskan untuk penggunaan jalanan.

Mesin Kawasaki Z H2 punya perbedaan dari Ninja H2
Kawasaki
Mesin Kawasaki Z H2 punya perbedaan dari Ninja H2

Nah ubahannya mulai dari seperti inlet supercharged dan ram air intake. Terus juga lekukan leher knalpot, makanya kanlpot Z H2 lebih panjang dari Ninja H2.

Ubahan ini dimaksudkan karena Kawasaki mau membuat karakter mesin dari Z H2 ini lebih kuat diputaran bawah sampai menengah, dan mesin yang mudah dikendalikan.

(Baca Juga: Akhirnya Muncul Juga! Ini Dia Kawasaki Ninja 250 4 Silinder ZX-25R)

Mesin berkubikasi 998 cc DOHC 16 katup milik Kawasaki Z H2 ini mampu semburkan tenaga sampai 197 dk/11.000 rpm dan torsi 137 Nm/8.500 rpm loh.

Gak cuma mesin, rangka ternyata juga beda banget. Rangka model trellis high tensile steel ini dibuat khusus untuk Z H2.

Rangka dari Kawasaki Z H2
Kawasaki
Rangka dari Kawasaki Z H2

Engine mounting yang memegang bagian atas mesin posisinya diubah, untuk mendapatkan karakter pengendalian yang ringan dan lincah.

Kawasaki juga mengubah geometri bagian depan dari motor ini, makanya sudut rake dan trail motor ini berbeda dari Ninja H2.

Kawasaki Z H2 punya sudut rake 24,9derajat dan trail 104 mm, sedangkan Ninja H2 punya trail 27 derajat dan sudut trail 103 mm.

(Baca Juga: Kawasaki Ninja 250 4 Silinder Meluncur Langsung dari Tokyo Motor Show 2019, Bodi Makin Padat!)

Bagian lain yang beda adalah lengan ayunnya, motor ini pakai lengan ayun yang mencomot dari Ninja ZX-10RR dan memegang kedua sisi roda.

Lengan ayun ini juga dibuatkan dudukan khusus untuk Z H2 loh. Kalau Kawasaki Ninja H2 pakai lengan ayun model tunggal alias single arm.

Layar TFT Kawasaki Z H2
Kawasaki
Layar TFT Kawasaki Z H2

Soal fitur, motor ini juga lengkap! Ada Riding Mode (Sport, Road, Rain, Rider), 3 Power Mode (full 197 hp, middle 147 hp dan low 98 hp).

Ada KIBS Kawasaki Integrated Brake System), Kawasaki Launch Control (KLCM), Kawasaki Quick Shifter (KQS), Cruise Control, spidometer TFT dan smartphone connectivity.

Jadi Kawasaki Z H2 bukan Ninja H2 yang dilepas fairingnya ya.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa