Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Membaca Panel Instrumen Jadi Cara Mudah Mengetahui Kesehatan Mobil

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Jumat, 4 Oktober 2019 | 19:15 WIB
Speedometer Peugeot 408
Istimewa
Speedometer Peugeot 408

GridOto.com - Bagi pemilik kendaraan, tentu mengharapkan mobil atau motornya selalu dalam kondisi prima, agar bisa digunakan secara terus menerus.

Untuk menjaga kondisi kendaraan selalu prima, dibutuhkan perawatan mobil yang maksimal dan menyeluruh.

Maintenance atau perawatan itu sendiri tidak hanya untuk kendaraan bekas, kendaraan baru juga perlu perawatan berkala supaya tetap terjaga performanya.

Sayangnya, masih banyak dari pemilik kendaraan yang belum melakukan perawatan secara rutin, terutama bagi mereka yang masih memiliki pengetahuan otomotif yang minim.

(Baca Juga: Peugeot Merasa Kurang Dapat Perhatian Masyarakat, Astra Peugeot: Ini Penyebabnya)

“Padahal merawat mobil untuk orang awam sejatinya sangat sederhana. Bahkan tidak harus sampai pegang toolkit atau kain lap. Dan trik ini bisa dilakukan pada semua tipe mobil Peugeot yang ada di Tanah Air," ujar Samsudin, selaku Aftersales Support PT Astra International Peugeot.

Samsundin menjelaskan, salah satu poin penting yang bisa jadi acuan pemilik kendaraan Peugeot agar terhindar dari mogok, sekaligus memperpanjang usia pakainya adalah dengan membaca panel instrumen.

Cara itu tergolong mudah, sebab pemilik kendaraan tidak perlu repot-repot mengeluarkan toolkit atau membuka kap mesin.

Dalam kondisi normal, ketika kunci kontak dalam posisi menyala, biasanya lampu indikator di dalam panel instrumen ikut menyala semua.

(Baca Juga: Bos Peugeot Indonesia: Enaknya Mobil Peugeot, 5 Tahun Cuma Isi Bensin)

Tidak lama dari itu, beberapa lampu akan mati dan hanya tersisa indikator lampu aki, mesin, rem tangan, dan sabuk pengaman.

"Tapi kalau ada salah satu lampu yang tetap nyala padahal harusnya mati, itu tandanya ada komponen yang bermasalah dan harus segera dicek serta diperbaiki," terang Samsudin.

Jika diabaikan, lanjutnya, hal tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan juga sistem komputerisasi pada mobil itu sendiri.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa