Remapping ECU Standar, Cara Instan Dongkrak Tenaga dan Torsi Motor?

Muhammad Farhan - Selasa, 17 September 2019 | 19:40 WIB
Ilustrasi proses Remap ECU motor Yamaha R25
WMC
Ilustrasi proses Remap ECU motor Yamaha R25

GridOto.com – Bukan hanya berlaku buat kendaraan roda empat, remapping ECU juga bisa dilakukan di motor sebagai cara instan dongkrak tenaga dan torsi.

Tanpa perlu ada penggantian komponen, data di dalam ECU standar ternyata bisa diprogram ulang untuk dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan dan spek motor.

Melalui perangkat komputer yang terhubung ke ECU motor, prosesnya terbilang instan karena ubahan dilakukan secara digital

“ECU standar yang dikunci pabrikan kini bisa diubah parameternya. Jadi enggak perlu ganti pakai ECU aftermarket atau pakai piggyback,” ujar Wawan Setiawan, owner WMC Racing, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

(Baca Juga: Motor Matic Larinya Cuma Mentok di 60 Km/jam? Ini Biang Keladinya)

Parameter yang bisa disetel pun beragam, diantaranya adalah timing pengapian, mapping bensin, AFR (air-fuel ratio), hingga limiter rpm mesin.

Untuk melakukan remap ECU sendiri memerlukan bantuan soket dan program ECU tuning yang hanya bisa dioperasikan oleh teknisi khusus.

ECU (Electronic Control Unit) bawaan motor bisa diremap layaknya ECU aftermarket
bukalapak
ECU (Electronic Control Unit) bawaan motor bisa diremap layaknya ECU aftermarket

“Proses remap dilakukan oleh teknisi berpengalaman sehingga terjamin prosesnya hingga didapat settingan yang pas,” jelasnya.

Karena dilakukan secara elektronik, tidak ada perubahan pada fisik ECU atau ubahan kabel bodi motor.

(Baca Juga: Kuras Sendiri Cairan Radiator Kawasaki Ninja 150, Begini Caranya)

Kekurangannya, hingga saat ini proses remap ECU tersebut masih terbatas hanya bisa diterapkan buat motor tipe dan merek tertentu.

“Mulai dari motor dengan spek standar hingga balap bisa ditingkatkan performanya, tentunya masih dalam batas aman dan sesuai kebutuhan,” pungkas Wawan.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X