Keseruan Ikut Balap Ketahanan Yamaha, Enggak Cuma Adu Kencang Sob

Harry - Selasa, 17 September 2019 | 08:40 WIB
Aksi Dimas Pradopo ikut balap Yamaha Endurance Festival 2019
Rianto Prasetyo/Gridoto.com
Aksi Dimas Pradopo ikut balap Yamaha Endurance Festival 2019

GridOto.com-Balap ketahanan bermotor biasa dibilang enggak banyak penyelenggaranya, salah satunya adalah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dan Yamaha sudah sukses menyelenggaran Yamaha Endurance Festival (YEF) untuk kedua kalinya, setelah yang pertama pada tahun 2018 lalu.

"Kami ingin membudayakan balap ketahanan, dan menjadi pelopor balap seperti ini," jelas M. Abidin, GM Motorsport & Aftersales Division YIMM.

(Baca Juga: Para Juara Yamaha Endurance Festival 2019 di Kelas Profesional 250 CC)

Start Yamaha Endurance Festival ala Le Mans Style
Rangga/Otomotif
Start Yamaha Endurance Festival ala Le Mans Style


GridOto.com dan sejumlah media lainnya berkesempatan untuk ikut balap YEF 2019 ini loh, dengan mengikuti kelas Sport 155 cc pakai Yamaha R15.

Tim Motorsport Yamaha membentuk 3 tim untuk media, yang tiap tim terdiri dari 3 orang. Disaat tim lain hanya terdiri dari 2 orang, khusus media dibuat 3 orang.

(Baca Juga: Yamaha R15 dan R25 Digeber Dua Jam di Sirkuit Sentul, Tenyata Ini Alasannya!)

Dimana 2 orang akan menggunakan pita berwarna biru sebagai rider 1, dan 1 orang lainnya pakai pita berwarna kuning sebagai rider 2.

Konon katanya untuk menjaga stamina rekan-rekan media yang jarang atau bahkan belum pernah ikut balapan, apalagi ini balap ketahanan yang berlangsung 2 jam hehehe...

Aksi Harry ikuti Yamaha Endurance Festival 2019
Rianto Prasetyo/Gridoto.com
Aksi Harry ikuti Yamaha Endurance Festival 2019


Motor Standar
O iya, motor yang dipakai tim media adalah motor yang biasa dipakai untuk balap Idemitsu Junior Pro, ajang pembibitan untuk pembalap-pembalap muda.

Spesifikasinya standar. Baik mesin dan elektrikal, part dongkrak performa cuma knalpot dari Sakura saja. ECU standar pun enggak ditambah piggyback.

(Baca Juga: Enggak Cuma Balapan, Yamaha Endurance Festival 2019 Ada Banyak Hiburan Menarik dan Bisa Servis Gratis Semua Merek)

"Yang bisa diseting cuma footstep, setang dan steering damper," terang Disep Priyadi, dari tim Motorsport Yamaha yang bertindak sebagai manager untuk 3 tim media.

Yang mengasyikkan, tiap tim media dikawal 2 teknisi berpengalaman loh, yang ternyata adalah teknisi balapan Asia ckckck...Top banget!

Aksi Antonius Yulianto, ikuti Yamaha Endurance Festival 2019
Rianto Prasetyo/Gridoto.com
Aksi Antonius Yulianto, ikuti Yamaha Endurance Festival 2019

Disini, 3 tim media juga berkesempatan menjajal ban balap baru dari IRC yakni RMC830 yang berjenis radial. Ban ini belum dijual dan kami berkesempatan mencobanya langsung.

Riding gear juga wajib standar balap loh, wearpack full protector, helm full face dengan tali DD ring, sepatu balap dan sarung tangan full.

(Baca Juga: Yamaha Endurance Festifal 2019 Kembali Digelar, Muterin Sirkuit Sampai 2 Jam!)

Beruntung tim GridOto.com yang diwakili Harry, Dimas Pradopo dan Antonius Yuliyanto mendapat sokongan dari DeRide dengan wearpack Alpinestars.

Editor : Dimas Pradopo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa