Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penjualan Mobkas Naik Signifikan Akibat Ganjil Genap, City Car Banyak Diburu!

Harun Rasyid - Senin, 16 September 2019 | 18:36 WIB
Deretan mobil bekas di Bursa Mobil Bintaro Jaya, Tangerang Selatan
Harun
Deretan mobil bekas di Bursa Mobil Bintaro Jaya, Tangerang Selatan

GridOto.com - Setelah melewati masa uji coba, perluasan ganjil genap (Gage) telah diterapkan mulai Senin (9/9/2019) di 25 ruas jalanan Jakarta.

Terkait adanya sistem ganjil genap, kini pemerintah Provinsi DKI Jakarta membebaskan masyarakat memilih pelat nomor ganjil atau genap saat membeli mobil baru maupun bekas.

Imbas dari hal tersebut rupanya membuat tingkat penjualan mobil bekas naik, karena banyak yang membeli mobil bekas dengan pelat nomor yang berbeda.

Berdasarkan pantauan GridOto.com di Bursa Mobil Bintaro Jaya, Sugiyanto, Marketing showroom Allison, Automobile mengatakan, dengan adanya Gage penjualan mobil bekas naik cukup tinggi.

(Baca Juga: Naik Jaguar, Suami Dewi Perssik Kena Tilang Ganjil Genap di Fatmawati)

"Penjualan mobil naik cukup signifikan dari 40 sampai 50 persen karena Gage, banyak konsumen yang nyari mobil dari pelatnya. Kalau gak ganjil ya genap," ujar Sugiyanto, Senin (16/9/2019).

Sugiyanto mengungkapkan, konsumen yang membeli mobil untuk menghindari ganjil genap kebanyakan mencari mobil murah dengan tahun muda.

"Umumnya sih mereka cari mobil yang harga Rp 100 juta hingga Rp 150 jutaan, dengan jenis mobil seperti city car maupun MPV," terang Sugiyanto.

Selain Sugiyanto, Tika, Marketing showroom JP Autoprime menuturkan, kalau ganjil genap memang menaikkan penjualan mobil bekas.

(Baca Juga: Perluasan Ganjil Genap Dapat Protes Dari Asosiasi Pengemudi Taksi Online, Apa Katanya?)

"Konsumen yang mencari mobil kedua untuk menghindari ganjil genap cukup banyak, tapi kenaikkan sih gak terlalu signifikan paling 50 persenan," kata Tika saat ditemui GridOto.com.

Menurut Tika, konsumen tersebut kebanyakan membeli mobil bekas jenis city car hingga MPV.

"Kebanyakan sih konsumen cari mobil kecil kaya city car atau MPV yang harganya di bawah Rp 200 juta. Misalnya Honda Jazz atau Toyota Yaris," papar Tika.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa