Esemka Bima Trending Nomor 1 di Twitter, Netizen Curiga Ini Mobil Rebadge

Harun Rasyid - Sabtu, 7 September 2019 | 11:57 WIB
Esemka Bima 1.2
Otomotif.kompas.com
Esemka Bima 1.2

GridOto.com - Setelah resmi dikenalkan ke publik Jumat (6/9/2019), mobil pikap Esemka Bima kini menuai banyak kontroversi.

Mobil yang dibuat oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali, Jawa Tengah ini secara desain persis seperti mobil asal China bermerek Changan.

Kemiripan ini terjadi di Esemka Bima tipe 1.2 dengan Changan Star Truck yang juga merupakan mobil komersial berbentuk pikap.

Jika diperhatikan dari bagian depan, banyak kemiripan antara Esemka Bima 1.2 dan Changan Star Truck, mulai dari desain lampu, grill, bumper dan bentuk mobil itu sendiri seperti kembar namun beda merek.

(Baca Juga: Esemka Bima Resmi Diluncurkan, Kok Desainnya Mirip Mobil China Ini?)

Oleh karena itu, tagar #ChanganJiplakEsemka pun kini menempati Indonesia trending nomor 1 di Twitter dengan 9 ribu lebih cuitan pada Sabtu, (7/9/2019) siang pukul 11.40 WIB.

Tagar #ChanganJiplakEsemka ramai dan menduduki posisi 1 di Indonesia pada sosial media Twitter
Twitter.com
Tagar #ChanganJiplakEsemka ramai dan menduduki posisi 1 di Indonesia pada sosial media Twitter


Banyak netizen yang curiga dan berargumen, Esemka Bima ini adalah mobil rebadge dari pabrikan asal Tiongkok yakni Changan.

Tak hanya berargumen, tagar #ChanganJiplakEsemka juga berisi bukti foto dan guyonan netizen soal kemiripan kedua mobil tersebut sekaligus mempertanyakan apa benar Changan menjiplak Esemka.

Desain tampilan Esemka Bima 1.2 dengan Changan Star Truck
Twitter.com
Desain tampilan Esemka Bima 1.2 dengan Changan Star Truck


Esemka Bima merupakan mobil perdana dari PT SMK yang bakal diproduksi massal dan memiliki dua varian mesin yakni 1.300 cc dan 1.200 cc.

(Baca Juga: Rela Terbang dari Kalimantan ke Boyolali, Ini Komentar Presiden Jokowi Tentang Esemka Bima)

Rencananya kendaraan niaga yang telah dijajal Presiden Joko Widodo ini, bakal dilepas ke pasaran dengan harga berkisar tidak lebih dari Rp 150 juta.

Editor : Hendra
Sumber : Twitter

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X