Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mulai Besok, Nekat Putar Balik Saat Operasi Patuh Jaya 2019, Siap-siap Dikejar Polisi!

Latifa Alfira Ulya - Rabu, 28 Agustus 2019 | 15:30 WIB
Ilustrasi razia tertib lalu lintas
Ilustrasi razia tertib lalu lintas

GridOto.com - Jangan lupa sob, mulai besok, Kamis (29/8/2019) Ditlantas Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2019.

Operasi Patuh Jaya 2019 ini akan diselenggarakan selama dua minggu hingga 11 September mendatang.

Eits, buat kamu yang suka putar balik dan ngacir saat tahu ada razia kendaraan, jangan coba-coba diulangi saat operasi besok ya sob!

Pasalnya, melansir dari Kompas.com, polisi siap mengejar dan memberi tindakan pada pengendara yang nekat putar balik dan kabur saat mengetahui ada operasi ini.

Faktanya memang masih banyak para pengendara, khususnya roda dua yang nekat memutar balik motornya saat melihat ada razia.

(Baca Juga: Jangan Lupa! Operasi Patuh Jaya 2019 Akan Segera Digelar, Ini Tiga Pelanggaran yang Jadi Incaran Polisi)

Padahal tindakan ini bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain karena berisiko menimbulkan kecelakaan saat panik dan asal putar balik.

"Kami harapkan semua pengendara patuh terhadap aturan lalu lintas yang berlaku. Jangan takut jika melihat ada razia, dan paling benar patuhi semuanya," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir.

Nah, kalau kamu nekat menghindar dari Operasi Patuh Jaya 2019, ternyata sudah ada sanksi hukum yang tertulis menurut Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Pada pasal 104 Ayat 3 dijelaskan bahwa pengguna jalan wajib mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas kepolisian. Tidak mematuhi perintah petugas merupakan pelanggaran lalu lintas.

Editor : Fendi
Sumber : Kompas.com,GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa