Shell Sudah Temukan Pemenang Think Efficiency 2019, Ini Dia Para Pemenangnya

Harun Rasyid - Rabu, 21 Agustus 2019 | 13:38 WIB
Ajang Think Efficiency 2019 digelar Shell Indonesia tiap tahun pada bulan Agustus
Harun
Ajang Think Efficiency 2019 digelar Shell Indonesia tiap tahun pada bulan Agustus

GridOto.com - Ajang pencarian anak bangsa dengan ide inovasi dari PT Shell Indonesia telah mendapatkan pemenangnya pada Selasa (20/8/2019).

Acara tahunan yang dinamakan Think Efficiency ini digelar tiap bulan Agustus dengan tujuan bekerja sama mencari terobosan ide, solusi dan inovasi dalam bidang energi di masa depan.

Dr. Deendarlianto, Dewan Riset Nasional & Kepala Pusat Studi Energi UGM mengatakan, kegiatan Think Efficiency ini dapat menjadi sarana kolaborasi antara akademisi dan pelaku industri.

"Kegiatan ‘Think Efficiency’ dapat menjadi wadah yang mampu melahirkan karya-karya inovatif untuk menghadapi tantangan masa depan dan menjadi bangsa yang besar serta berdaya saing,” jelas pria yang akrab disapa Dian tersebut.

(Baca Juga: Cari Inovator Energi Berbakat, Shell Indonesia Gelar Ajang Think Efficiency 2019)

Ajang Think Efficiency 2019 menekankan penilaiannya dari segi orisinalitas, produk dan dampak yang berkelanjutan. Dua bidang yang dilombakan yaitu kategori Energi dan Tribologi.

Kompetisi ide inovasi ini diikuti lebih dari 140 peserta dan berlangsung sejak 1 April 2019 lalu dengan peserta yang beragam mulai dari siswa sekolah menengah hingga profesor.

Pemenang dari kategori Energi yakni, tim Maxwell yang berasal dari Universitas Sumatera Utara (USU) dengan karya 'Jelly Blueflame Stove'.

Para finalis di lomba Think Efficiency 2019
Istimewa
Para finalis di lomba Think Efficiency 2019

Sedangkan pemenang dari kategori Tribologi diraih oleh Tim Material Research Club (MRC) dengan karya inovasi 'Eco-friendly anti fouling & anti corrosion additive for marine lubricating'.

(Baca Juga: Shell Siap Ikuti Spesifikasi Pemerintah Terkait Penggunaan BBM Diesel B30 di 2020)

Tim MRC membuat aditif co-polimer PAMA-OCP untuk pelumas kapal dengan bahan dasar minyak kelapa sawit yang dapat meningkatkan performa pelumas dan menghindari penurunan fungsi mesin

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah sebesar Rp35 juta dan akan diberangkatkan ke Shanghai Technologi Center di tahun 2020.

Editor : Fendi

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X