Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembebasan Lahan di Proyek Jalan Tol Cisumdawu Dikebut, Target Selesai Tahun Berapa?

Ditta Aditya Pratama - Rabu, 10 Juli 2019 | 18:19 WIB
Proyek terowongan di Jalan Tol Cisumdawu
Seli Andina Miranti / Tribun Jabar
Proyek terowongan di Jalan Tol Cisumdawu

GridOto.com - Pembebasan lahan masih menjadi salah satu kendala penyelesaian jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Pemerintah Provinsi Jawa Barat fokus mempercepat penyelesaian proses pembebasan lahan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), menyusul percepatan target penyelesaian tol penghubung Bandung-Pantura tersebut oleh pemerintah pusat.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengakui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sudah meminta Pemprov Jabar membantu akselerasi pembangunan Tol Cisumdawu terutama di seksi I Cileunyi-Rancakalong dan Seksi II Rancakalong-Sumedang.

“Kami juga sudah mendapat arahan dari Pak Gubernur (Gubernur Jabar Ridwan Kamil), kuncinya untuk dua seksi ini ada di konsinyasi lahan,” ujarnya di Bandung, Rabu (10/9/2019).

(Baca Juga: Proyek Jalan Tol Cisumdawu Digugat Warga, Tuntut Ganti Rugi Pembebasan Lahan Hingga Rp 25 Miliar)

Iwa mengatakan saat ini pembebasan lahan Seksi I sudah mencapai 68 persen dan sejumlah lahan yang dibebaskan tinggal menunggu pemberkasan. Sementara Seksi II dengan 92 persen penguasaan lahan menyisakan 51 lahan untuk dikonsinyasi, dan tinggal 34 lahan yang belum bersedia dikonsinyasi.

“Untuk yang 17 lahan sudah bersedia dilakukan pembayaran dan segera pembebasan lahan,” tuturnya.

Iwa juga mengatakan pihaknya akan mendorong proses pengajuan konsesi lahan Perhutani yang diajukan oleh Badan Usaha Jalan Tol Cisumdawu, yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk seksi VI Ujungjaya-Dawuan supaya izinnya bisa berlangsung cepat.

“Lahan Perhutani seluas 160 hektare terkena jalan tol, ini sedang dalam proses. Kita bantu proses administrasi termasuk pergantiannya,” katanya.

(Baca Juga: Proyek Jalan Tol Cisumdawu Dibilang Jadi Tempat Balap Liar, Ini Kata Kapolres Sumedang)

Menurut Iwa, diharapkan dengan upaya ini maka Seksi I dan Seksi II, juga seksi III bisa dioperasikan akhir 2019 atau awal 2020 mendatang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa