Pejabat Gubernur Jawa Barat Ingin Tol Cisumdawu Selesai Tepat Waktu Tahun 2019

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 5 Juli 2018 | 21:03 WIB
Proyek pembangunan tol Cisumdawu diharapkan selesai tepat waktu tahun 2019
Tribun Jabar
Proyek pembangunan tol Cisumdawu diharapkan selesai tepat waktu tahun 2019

GridOto.com - Proyek pembangunan jalan tol untuk memperlancar arus transportasi di Pulau Jawa memang terus dikebut.

Salah satunya adalah proyek tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) diharapkan tidak molor melebihi target yang telah ditentukan, yakni 2019.

Sejumlah upaya percepatan dan antisipasi dalam proses pembangunan pun dilakukan Pemprov Jabar supaya jalan penghubung Cileunyi dengan Tol Cipali ini segera digunakan.

(BACA JUGA: Mulai Dijual di China, Segini Harga Mitsubishi Pajero 2019)

Penjabat Gubernur Jabar Mochamad Iriawan mengatakan, walaupun merupakan proyek nasional, pemerintah di tingkat provinsi dan kabupaten selaku yang mengetahui permasalahan di daerah pembangunan Tol Cisumdawu harus memastikan pembangunan berjalan tanpa hambatan.

"Saya arahkan secara detail berkaitan dengan proyek nasional Tol Cisumdawu, untuk percepatan sehingga penyelesaiannya sesuai target. Kalau targetnya selesai 2019, jangan molor lagi, syukur-syukur bisa lebih cepat," kata Iriawan setelah melantik Kepala BKD Jabar Sumarwan menjadi Pj Bupati Sumedang di Gedung Sate, Kamis (5/7/2018).

Tol Cipali, katanya, akan menjadi penghubung Bandung dengan Tol Cipali yang akan terhubung dengan Majalengka dan Cirebon.

Operasional Bandara Kertajati, katanya, akan meningkat pesat dengan dorongan dari operasional Tol Cisumdawu.

(BACA JUGA: Belum Banyak yang Tahu, Ini Arti Singkatan RPM)

"Ini harus dikawal karena dampak-dampak sosial yang menguasainya adalah pemerintah daerah setempat. Kalau pemerintah pusat pembangunannya. Pemerintah daerah menangani lahan yang belum dibebaskan, saya minta bupati perangkatnya selesaikan ini," katanya.

Iriawan yakin masyarakat bisa diajak bekerja sama jika komunikasi dilakukan secara dua arah, sehingga masyarakat mengetahui pentingnya pembebasan lahan untuk pembangunan tol. "Di sana ada beberapa ruas yang belum terbebaskan dan ada pembangunan terowongan yang masih berlangsung," katanya.

Pj Bupati Sumedang Sumarwan mengatakan, ada sejumlah masalah yang masih harus ditindaklanjuti di Sumedang terkait dengan pembangunan Tol Cisumdawu, di antaranya proses pembebasan lahan.

"Pengembang sudah membebaskan lahan, tapi masyarakat masih menempatinya. Ini yang harus dikerjakan," tutup Sumarwan yang kemudian mengatakan pembebasan lahan dan pembangunan di seksi 1 dan 2 hampir selesai.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Penjabat Gubernur Jabar Minta Pembangunan Tol Cisumdawu Tak Melebihi Target

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Tribun Jabar

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa