Kota Pekalongan Dianggap Salah Satu Biang Macet di Pantura, Menhub Usulkan Bangun Jembatan Layang

Ditta Aditya Pratama - Minggu, 23 Juni 2019 | 19:20 WIB
Ilustrasi Aktivitas di Jalur Pantura Kota Pekalongan
Budi Susanto / Tribun Jateng
Ilustrasi Aktivitas di Jalur Pantura Kota Pekalongan

GridOto.com - Kota Pekalongan yang semakin hari semakin padat dengan kendaraan sudah dianggap jadi salah satu simpul kemacetan di Jalur Pantura.

Pemkot Pekalongan diminta mengajukan permohonan pembangunan flyover dan jalur lingkar ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Permintaan itu dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, saat bertemu Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih di Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP).

Pemkot pun menyambut baik permintaan Menhub RI dan berencana akan melakukan koordinasi ke Kantor Kemenhub RI.

(Baca Juga: Lewat Tol dari Merak ke Pekalongan, Segini Waktu Tempuh Perjalanannya)

Dikutip GridOto dari Tribunjateng.com, Sekda Kota Pekalongan menerangkan secara gamblang, bahwa Kota Pekalongan butuh flyover serta jalur lingkar.

“Kami diminta segera mengajukan permohonan terkait flyover serta jalur lingkar oleh Menhub RI. Kami akan segera melakukan koordinasi tersebut,” jelas Sekda Kota Pekalongan, Minggu (23/6/2019).

Dilanjutkannya, jika dibutuhkan pelabuhan penumpang Kemenhub RI juga akan mengakomodir.

“Selain jalan layang yang ada di Jalan KH Mas Mansyur, Menhub RI juga membahas rencana pembangunan pelabuhan penumpang. Namun akan kami diskusikan bersama terlebih dahulu,” paparnya.

(Baca Juga: Dishub Catat Volume Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran 2019 di Jalur Pantura Capai 900 Ribu Kendaraan Lebih)

Menurut Sri Ruminingsih, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) sudah mengkaji manfaat adanya jalan layang serta jalur lingkar.

“Kami akan mengikuti kajian BPPT. Jika dimungkinkan ada beberapa titik jalan layang selain Jalan KH Mas Mansyur kami akan ikuti hasil kajian tersebut,” ujarnya.

Adapun Menhub RI Budi Karya Sumadi saat bertemu Sekda Kota Pekalongan, menuturkan, Pemkot bisa segera melakukan koordinasi pembangunan.

“Silahkan koordinasikan dan temui kami untuk tindaklanjut terkait flyover serta jalur lingkar,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Menhub Beri 'Lampu Hijau' Rencana Pemkot Pekalongan Bangun Flyover dan Jalan Lingkar

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X