Mitsubishi Pajero Sport 'Hajar' Fortuner di Kuartal Pertama 2019, Toyota: Karena Produk atau Diskon?

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 18 April 2019 | 16:35 WIB
Mitsubishi All-New Pajero Sport sukses menjegal laju Toyota Fortuner di kuartal pertama 2019.
Istimewa
Mitsubishi All-New Pajero Sport sukses menjegal laju Toyota Fortuner di kuartal pertama 2019.

GridOto.com - Persaingan antara Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner kian sengit dan menarik untuk disimak sepanjang kuartal pertama tahun ini.

Pasalnya kedua SUV pabrikan Jepang tersebut menjadi penguasa pasar medium SUV dan bersaing ketat untuk mencuri hati konsumen Tanah Air.

Meski begitu selama tiga bulan pertama tahun ini, Mitsubishi tampaknya bisa tersenyum lebar karena mengalahkan Fortuner dan menjadi jawara di segmen tersebut.

Mengutip data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Pajero Sport sukses mencatatkan angka penjualan sebesar 4.759 unit di segmen 4x2 dan 521 unit di segmen 4x4.

(Baca Juga : Ada Mobil Baru Mitsubishi Xpander Edisi Spesial, Mau Dirilis Bulan Ini)

Sedangkan Toyota Fortuner mencatatkan angka penjualan sebesar 3.908 unit di segmen 4x2 dan 177 unit di segmen 4x4.

Lantas, apa tanggapan PT Toyota Astra Motor (TAM) setelah SUV diesel andalannya tersebut dikalahkan oleh Mitsubihsi Pajero Sport?

"Pertama musti dilihat dulu, mereka (Mitsubishi) Pajero Sport bisa sukses itu kenapa? Karena produk atau karena diskon?" ujar Fransiskus Suryopranoto, selaku Executive General Manager TAM, Senin (15/4/2019).

"Jadi produk ataukah pricing (harga) itu yang menentukan. Dari dulu kan persaingannya (di segmen itu) Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Honda CR-V, sama Mazda CX-5," imbuhnya saat berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

(Baca Juga : Mitsubishi Pajero Sport Bensin, Nggak Kalah Gahar Dari Diesel)

Soerjo menambahkan, hal itu juga bukanlah sesuatu yang serius dan berdampak besar terhadap penjualan pada Fortuner.

"Terus kemudian penurunan atau penambahannya sejauh ini juga tidak sampai 5 persen lah secara market share," kata Soerjo lagi.

"Kalau buat kami (Toyota) balik lagi, kami sepanjang bisa jualannya kira-kira 1.500 hingga 2.000 unit untuk kelasnya SUV seperti Fortuner, kami masih merasa oke," tutupnya.

Editor : Fendi

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X