Antisipasi Macet, Transaksi di Gerbang Tol Cikarang Utama Dipindahkan Saat Mudik Lebaran

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 15 April 2019 | 16:00 WIB
Ilustrasi. Suasana gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Tribunnews/Fahdi Fahlevi
Ilustrasi. Suasana gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

GridOto.com - Menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2019, berbagai persiapan tengah dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero).

Dalam persiapan menghadapi arus mudik dan balik tahun ini, Jasa Marga mencatat ada tiga perhatian utama, yakni kapasitas, keselamatan (safety), serta rest area.

Terkait kapasitas, yang menjadi perhatian ekstra Jasa Marga adalah kapasitas yang ada di setiap gerbang tol (GT).

(Baca Juga : Dianggap Tak Ideal Gerbang Tol Cikarang Utama Bakal Dipindahkan)

"Sejak Tol Trans Jawa ini dioperasikan dan ditarifkan di tanggal 21 Januari 2019 lalu, kami pelajari selama dua bulan lebih. Kami evaluasi dan prediksi perhitungan kapasitas saat mudik-balik nanti," ujar Desi Arryani, selaku Direktur Utama Jasa Marga, Minggu (14/4/2019).

"Jadi, semua ini rata-rata kita tambah. Kami tambah ada yang tambahan gardunya permanen, ada yang tambahan gardu yang sifatnya untuk peak season di Lebaran ini," imbuhnya.

Maka dari itu, arus mudik dan balik tahun ini Jasa Marga rencananya akan memindahkan titik transaksi yang semula di gerbang tol Cikarang Utama 1 dari KM 29 ke KM 70 gerbang tol Cikampek Utama untuk melayani lalu lintas dari dan menuju arah Jawa Tengah.

Sementara untuk melayani lalu lintas dari dan menuju arah Bandung titik transaksi akan berada di gerbang tol Kalihurip Utama KM 67 Tol Cipularang.

Editor : Eka Budhiansyah

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X