Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sistematis, Terungkap Begal Bermodus Gembosi Ban Mobil Nasabah Bank!

Ilham Fariq M - Kamis, 11 April 2019 | 18:33 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat memberi keterangan kepada wartawan di RS Polri Kramat Jati, Kamis (11/4/2019), tentang kasus pencurian bermodus kempiskan ban kendaraan korban.
Kompas.com/ Ardito Ramadhan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat memberi keterangan kepada wartawan di RS Polri Kramat Jati, Kamis (11/4/2019), tentang kasus pencurian bermodus kempiskan ban kendaraan korban.

GridOto.com- Enam pelaku pencurian disertai kekerasan (curas) spesialis nasabah bank yang kerap beraksi di wilayah Jabodetabek berhasil diringkus di rumahnya kawasan Bekasi pada Selasa (9/4/2019).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan para pelaku memiliki peran berbeda dalam beraksi.

"Yang menggambar itu inisial B (39), dia ini mempunyai kecerdasan. Jadi dia pura-pura ikut masuk di dalam antrean di bank. Dia bisa menggambarkan, orang yang ambil uang Rp 30 juta, Rp 50 juta, Rp100 juta," kata Argo Yuwono di RS Polri Kramat Jati, Kamis (11/4/2019).

Kombes Pol Argo Yuwono pun mengungkapkan modus para pelaku begal nasabah bank saat di jalan.

(Baca Juga : Tabrak Begal Hingga Tewas, Driver Ojol Wanita Asal Bogor Harus Relakan Nyawanya)

Diketahui jika pelaku mengincar korban yang mengendarai mobil dan menggembosi ban menggunakan cincin modifikasi, cincin tersebut dilengkapi paku yang kemudian ditusukkan ke ban mobil korban supaya bocor dan kempis.

"Pada saat mobil itu berhenti di traffic light, kakinya tersangka ini bisa menggunakan paku yang dimodifikasi, nanti ditaruh di sepatu kemudian ditempelkan di ban saat mobil berhenti," tambah Argo Yuwono.

Selanjutnya, pelaku akan memberi tahu pengendara mobil bahwa bannya kempis, mengetahui hal tersebut biasanya pengendara akan menepikan mobilnya.

"Setelah berhenti otomatis sopir mengambil peralatan untuk mengganti ban. Jadi saat mengambil peralatan dan mengganti ban yang bocor itulah kesempatan pelaku lain yang sebagai eksekutor," ujarnya.

(Baca Juga : Dramatis, Video Penangkapan Begal Sering Beraksi Menggunakan Busur)

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Kompas.com,Tribunjakarta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa