Ternyata Begini Efeknya Jika Ban Off-road Dipakai di jalan On Road

Mavellyno Vedhitya - Senin, 25 Februari 2019 | 13:50 WIB
Presiden Joko Widodo mengendarai motor trail Kawasaki KLX 150 meninjau lokasi tambak udang dan ikan
Kompas.com
Presiden Joko Widodo mengendarai motor trail Kawasaki KLX 150 meninjau lokasi tambak udang dan ikan

GridOto.com - Banyak motor trail yang digunakan tidak hanya di jalan off-road, tetapi juga dipakai untuk harian di jalanan aspal (on road).

Apakah efek yang akan terjadi jika ban off-road digunakan di jalan on road?

Dwi Ibnu Baskoro, Dept Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia menjelaskan, jika ban off-road digunakan di jalanan on road akan sangat membahayakan.

(Baca Juga : Ternyata Ini Alasanya Ukuran Ban Motocross yang depan lebih besar)

"Efek menggunakan ban off-road di jalanan on road adalah dari sisi keamananya," kata Ibnu kepada GridOto.com saat peluncuran produk ban baru Dunlop di Kemayoran, Jakarta Pusat (21/2/2019).

"Karena permukaan ban off-road akan membuat kontak ban dengan aspal menjadi lebih kecil," jelasnya

Itu sangat besar kemungkinanya terjadi kecelakaan sob, karena kontak karet tapak ban off-road lebih sedikit di permukaan aspal.

"Karena karet pada telapak ban itu jauh lebih sedikit kontak terhadap aspal. Hanya blok-blok tertinggi yang dapat kontak terhadap aspal, dan itu akan menyebabkan ban off-road mendapatkan traksi yang lebih sedikit pada jalanan on road," ungkapnya.

Apalagi jika dalam keadaan hujan.

"Dalam situasi hujan atau jalan basah dan licin, dapat menyebabkan ban selip karena tidak mampu menapak dengan sempurna pada jalanan on road," ujar Dwi Ibnu Baskoro.

(Baca Juga : Ini Risikonya Jika Ingin Memperbesar Ukuran Ban Sepeda Motor)

Jika ingin menggunakan ban off-road di permukaan jalanan aspal, tersedia ban dual purpose.

"Akan tetapi ada kendaraan yang dipakai untuk dual purpose atau bisa di dua lintasan. Bisa di jalanan umum biasa atau di lintasan off-road. Kadang si pemakainya menggunakan motor ke jalan biasa, bisa juga dipakai misalkan di area perkebunan," tuturnya.

"Kami memiliki contoh pilihan ban dual purpose yaitu D605, ban ini lebih cocok untuk dijadikan pilihan ban dual purpose, tapi untuk ukuranya baru tersedia untuk motor Kawasaki KLX dan Honda CRF," sebutnya.

Editor : Fendi

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa