Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Blak-blakan Martogi Siahaan: Jurus Jitu Auto2000 Hadapi Persaingan Sesama Dealer Toyota

Naufal Shafly - Senin, 18 Februari 2019 | 18:30 WIB
Martogi Siahaan, berfoto dengan All New Yaris yang merupakan car of the year GridOto Award 2018.
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Martogi Siahaan, berfoto dengan All New Yaris yang merupakan car of the year GridOto Award 2018.

GridOto.com - Brand Toyota merupakan merek yang selalu menjadi market leader, dari segi penjualan di Indonesia.

Hal itu tentunya dapat mengundang minat beberapa pihak, untuk bergabung menjadi mitra bisnis Toyota di Tanah Air, salah satunya dalam hal penjualan dan layanan purna jual.

Efeknya, dealer Toyota bukan cuma bersaing dengan dealer dari brand lain, tetapi juga harus bersaing dengan sesama dealer Toyota.

Hal itu juga dirasakan oleh Auto2000, unit bisnis milik Astra yang melayani penjualan dan aftersales Toyota di Indonesia.

(Baca Juga : Blak-blakan Martogi Siahaan: Tantangan Terbesar Bisnis Auto2000)

Sebagai dealer yang bernaung di bawah Astra, tantangan yang dihadapi Auto2000 salah satunya adalah kerap dianggap tidak fleksibel dalam memberikan diskon ataupun promo kepada pelanggan.

"Betul banyak orang berfikir dealer lain lebih fleksibel, tetapi bagi Auto2000, harga itu kan sangat relatif dengan pelayanan," ucap Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 saat dikunjungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Martogi Siahaan, menyebut persaingan kelas LMPV cukup berat.
Rianto Prasetyo/Gridoto.com
Martogi Siahaan, menyebut persaingan kelas LMPV cukup berat.

Oleh karena itu, Martogi mengaku pihaknya akan terus melakukan improvisasi dari segi pelayanan agar konsumen dapat merasa lebih aman dan percaya kepada Auto2000.

Selain itu, ia mengaku manajemen Auto2000 selalu memberikan pelatihan kepada sales man mereka, agar dapat memberikan pelayanan yang lebih personal kepada pelanggannya.

(Baca Juga : Blak-blakan Presdir Makko Group: Kiat Sukses Membangun Bisnis di Industri Aftermarket Tanah Air)

Hal tersebut tak lepas dari usaha Auto2000 dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya.

"Begitu juga package penjualan yang kami berikan, kalau konsumen jeli melihat penawaran kami, sebenarnya penawaran kami banyak yang lebih menarik," jelas Martogi.

Ia menilai, pada dasarnya seluruh dealer Toyota memiliki standar yang sama dari PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek, dan Toyota Motor Corporation (TMC) selaku prinsipal.

"Kalau datang ke showroom kami dan bertemu dengan sales man kami, tentunya akan mendapatkan penawaran terbaik juga. Intinya, Auto2000 bersama dengan dealer lain memiliki satu panduan dari ATPM dan principal kami," tutup Martogi.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa