Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tolak Sistem Ganjil-Genap Diterapkan di Jawa Timur, Driver Angkutan Online Beri Solusi Ini

Ditta Aditya Pratama - Senin, 3 Desember 2018 | 21:15 WIB
Ilustrasi Plang Ganjil-Genap
Naufal Shafly / GridOto.com
Ilustrasi Plang Ganjil-Genap

GridOto.com -Penerapan sistem ganjil-genap di DKI Jakarta yang cukup mengurangi kepadatan di jalan raya membuat pemerintah melakukan uji coba di daerah lainnya.

Salah satu daerah yang rencananya akan menerapkan ganjil-genap adalah Jawa Timur.

Dinas Perhubungan menyebut akan mengkaji wacana pemberlakuan Sistem Ganjil Genap (SGG) di Jawa Timur.

Wacana itu sudah dibahas bersama Kementerian Perhubungan dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) di Surabaya.

(BACA JUGA: Ganjil-Genap di Gerbang Tol Tambun Mulai Diberlakukan Hari Ini)

Menanggapi hal ini, driver angkutan online mengaku tidak sependapat. Menurut mereka, Sistem Ganjil Genap hanya akan menambah problem untuk mereka.

Daniel Lukas Rongrong, koordinator Driver Online Jatim mengatakan ada beberapa sistem yang mungkin bisa menjadi solusi mengatasi kemacetan di Surabaya.

“Aturan ketat bagi pembeli baru yang akan membeli kendaraan bermotor harus punya garasi di dalam rumah, pengenaan pajak tinggi bagi pemilik kendaraan bermotor lebih dari 2 untuk nama yang sama, uang muka yang tinggi jika akan membeli kendaraan bermotor dengan cara cicilan, dan lainnya,” kata Daniel, Senin, (3/12/2018).

Daniel juga memberi ide lain seperti pemberlakuan jam masuk dan pulang berbeda untuk siswa sekolah dan pekerja kantoran (Pegawai Negeri & Swasta).

(BACA JUGA: Ada Bus Tambahan Selama Ganjil-Genap di Gerbang Tol Tambun)

“Misal jam masuk untuk siswa sekolah pukul  06.30 dan pulang sekolah pukul 12.00 (reguler) serta pukul 15.00 (full day school). Lalu jam masuk pegawai negeri pukul 07.00 dan pulang pukul 16.00. Sedangkan pegawai swasta masuk pukul 08.00 dan pulang pukul 17.00 WIB,” tegasnya.

Driver Online Jatim menyatakan berencana akan menggugat kebijakan tersebut apabila benar-benar diterapkan, melalui uji materiil ke Mahkamah Agung (MA).

Menurut kamu, setuju enggak kalau di daerah Jawa Timur diberlakukan sistem ganjil-genap ini?

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Tolak Sistem Ganjil Genap di Jawa Timur, Driver Angkutan Online Beri Solusi Atasi Kemacetan Lain

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa