Tok! Jalan Tol Kediri-Tulungagung Bakal Trabas Lahan 23 Desa di Kabupaten Kediri

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 11 Januari 2023 | 20:20 WIB

Ilustrasi. Jalan Tol Kediri-Tulungagung bakal lewati 23 desa yang ada di Kabupaten Kediri. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sudah melakukan pemetaan wilayah yang terdampak proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung.

Perlu diketahui, proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung nantinya melewati beberapa wilayah, seperti Kota Kediri, Kabupaten Kediri hingga Kabupaten Tulungagung.

Untuk wilayah Kabupaten Kediri sendiri, ada sebanyak 1.995.211,43 meter persegi lahan yang bakal digunakan proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung.

Angka tersebut sesuai dengan penetapan lokasi (penlok) tol ini dan juga sudah ditandatangani Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jatim, pada Selasa (3/1/2023) lalu.

Kemudian total lahan yang sudah ditetapkan tadi tersebar ke 23 desa di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Mojo, Semen dan Banyakan.

Sekda Definitif Kabupaten Kediri, Mohamad Solikin menyebutkan pembangunan tol itu dan bandara jelas bisa membawa dampak yang terasa bagi masyarakat sekitar.

"Jelas proyek ini jadi tantangan bagi pemerintah daerah pada 2023, untuk menyiapkan masyarakatnya agar tidak cuma jadi penonton saja," ungkapnya, dikutip dari Tribunmataraman.com, Rabu (11/01/2023).

Lanjutnya dirinya berharap, pembangunan Jalan Tol Kediri-Tulungagung bisa memberikan dampak positif untuk masyarakat di Kabupaten kediri,

Mengingat di wilayah ini ada proyek nasional lainnya yang akan digarap, yakni pembangunan bandara.

"Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana minta kedua proyek tadi jadi prioritas, semua harus bisa menyambut dan masyarakat jangan sampai tertinggal," imbuh Solikin.