Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Buat Efisiensi Anggaran, Desain Tol Solo-Yogyakarta di Wilayah Klaten Ada yang Diubah

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 9 Januari 2023 | 20:15 WIB
Ilustrasi. Peta proyek Tol Solo-Yogyakarta.
TribunJogja.com
Ilustrasi. Peta proyek Tol Solo-Yogyakarta.

GridOto.com - Proyek Tol Solo-Yogyakarta dilaporkan bakal mengalami perubahan desain, tepatnya di Exit Tol Ngawen, Klaten, Jawa Tengah.

Adapun dalam perubahan desain tersebut, meliputi perubahan sejumlah bidang tanah yang terdampak proyek tol di sepanjang Jalan Ki Ageng Gribig.

Kasi Pengadan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Sulistiyono, membenarkan adanya rencana perubahan desain Tol Solo-Yogyakarta dan menyebutkan langkah ini sengaja dilakukan untuk efisiensi anggaran.

Dalam desain awal, sejumlah bidang tanah yang ada di kiri dan kanan Jalan Ki Ageng Gribig terdata sebagai lahan terdampak proyek jalan tol tersebut.

Hanya saja di atas bidang tanah yang terdampak proyek, ada sejumlah rumah dan bangunan yang jelas membuat pemerintah harus mengeluarkan uang ganti rugi secara penuh untuk pemiliknya.

"Kan gantinya penuh dan enggak bisa setengah, jadi digeser ke satu sisi saja buat efisiensi anggaran," ungkap Sulistiyono, dikutip dari Tribunjogja.com, Senin (09/01/2023).

Dengan adanya perubahan desain ini, ia menuturkan pihak-pihak terkait jelas akan melakukan sosialisasi ulang kepada warga.

Ditambah ada pengukuran dan pendataan ulang, sebelum pembebasan lahan dilakukan.

Terkait jumlah lahan yang terdampak, terhitung ada sebanyak 200 bidang tanah yang awalnya diterjang proyek Tol Solo-Yogyakarta di sepanjang Jalan Ki Ageng Gribig yang tersebar di tiga wilayah, yakni Kelurahan Gergunung, Kelurahan Bareng Lor dan Desa Jebugan.

Baca Juga: Pembangunan Belum Selesai, Bupati Karanganyar Tak Sabar Ingin Melintas di Tol Solo-Yogyakarta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa