Diuji Tabrak, Honda HR-V dan BR-V Terbaru Sabet Rating Keselamatan Bintang Lima dari ASEAN NCAP

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 15 September 2022 | 21:15 WIB

Honda HR-V terbaru dapat rating bintang lima saat uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Honda HR-V dan BR-V terbaru buktikan standar keselamatan terbaiknya, dengan meraih rating bintang lima saat uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia).

Adapun ASEAN NCAP merupakan tambahan dari program NCAP, bertujuan untuk mengevaluasi standar keselamatan kendaraan, meningkatkan kesadaran konsumen, dan mendorong pasar untuk kendaraan yang lebih aman di kawasan Asia Tenggara.

Berdasarkan siaran resmi yang dikirimkan PT Honda Prospect Motor (HPM), uji tabrak kedua Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut dilakukan dari bagian depan, samping, serta pengujian fitur-fitur keselamatannya.

ASEAN NCAP pun memberikan skor 81.38 dari 100 untuk Honda HR-V terbaru, sementara BR-V terbaru meraih skor 77.02 dari 100 atas serangkaian tes uji tabrak yang dilakukan.

Hasil itu lantas bisa dijadikan sebagai tolak ukur, bahwa Honda HR-V dan BR-V terbaru memiliki standar keselamatan tinggi yang dapat mengurangi potensi bahaya saat terjadi insiden.

Untuk detailnya, Honda HR-V terbaru berhasil meraih skor 28.00/32 dan BR-V meraih skor 26.98/32 untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP).

ASEAN NCAP
Honda BR-V juga mendapatkan rating bintang lima saat uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP.

Kemudian untuk kategori perlindungan penumpang anak-anak atau Child Occupant Protection (COP), Honda HR-V terbaru meraih skor 45.31/51 dan BR-V dengan skor 44.53/51.

Sedangkan untuk pengujian fitur keselamatan atau Safety Assist Technologies (SATs), ASEAN NCAP memberikan skor 19.50/21 untuk Honda HR-V terbaru dan 8.10/16 buat BR-V.

Tingginya skor yang didapatkan untuk pengujian fitur keselamatan ini, berkat adanya sistem bantuan mengemudi canggih Honda Sensing yang tersemat di kedua SUV tersebut.