Gegara Part Ini Rusak, Oli Mesin Kawasaki Ninja 250 Fi Berubah Warna Jadi Putih Susu, Akibatnya Fatal Kalau Dibiarkan

Harun Rasyid - Senin, 4 Juli 2022 | 18:30 WIB

Ilustrasi Kawasaki Ninja 250 Fi (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Pemilik Kawasaki Ninja 250 Fi tahun 2013-2017 perlu waspada jika melihat oli mesin yang dipakai berubah warna kecoklatan hingga putih susu.

Sebab perubahan warna oli mesin jadi putih susu ini, menjadi salah satu penyakit Kawasaki Ninja 250 Fi dengan usia pemakaian lima tahun atau lebih tersebut.

Ivan Hendra Adinata, owner bengkel Mahendra Motosport di Bekasi mengatakan, kerusakan sejumlah part menjadi penyebab masalah perubahan warna oli di Kawasaki Ninja 250 Fi.

"Kalau oli mesin berubah sampai kayak putih susu, penyebabnya dari keausan atau kebocoran seal water pump yang akhirnya membuat air radiator bercampur ke oli mesin," ujarnya kepada GridOto.com, Jumat (1/7/2022).

Ivan berujar jika perubahan warna oli di mesin Ninja 250 Fi terbilang berbahaya, sebab masalah ini kurang bisa terdeteksi meskipun saat mendengar suara mesinnya.

"Mendeteksi seal water pump rusak ini tidak ada tanda-tandanya. Paling caranya harus cek manual, misalnya oli yang sudah lama dipakai normalnya kan warna hitam tapi kalau seal water pump sudah kena, warnanya jadi agak cokelat," ucapnya.

"Kemudian kalau seal water rusak, suara mesin juga tetap normal dan enggak ngelitik. Cuma saat dipakai, tarikannya jadi berat," lanjut pria yang bengkelnya biasa menangani motor sport tersebut.

Ivan mengungkapkan, masalah perubahan warna oli mesin Ninja 250 Fi bisa berakibat fatal jika tidak segera diperbaiki.

Baca Juga: Seken Keren - Awas Suara Kawasaki Ninja 250 Fi Bisa Jadi Mirip Supra Bapak-bapak Kalau Silinder Pincang, Solusinya Gimana?

"Kalau dibiarkan mesin bisa jebol, biasanya metal kruk as yang berperan penting di motor dua silinder akan rusak. Makanya metal atau bearing kruk as ini jangan sampai baret," jelasnya.

Bukan cuma itu, bearing setang seher juga bisa ikut rusak jika masalah perubahan oli mesin Ninja 250 Fi dibiarkan.

"Bearing setang seher bisa kena juga, harganya lumayan juga sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 250 ribu per pcs, sedangkan di Ninja 250 Fi ada delapan pcs," papar Ivan.

Isal
Ciri-ciri air radiator bercampur dengan oli adalah berubahnya warna oli jadi putih


Sementara harga satu set water pump berikut sealnya, biasanya sekitar Rp 800 ribuan.

"Harga tersebut belum termasuk jasa pasang Rp 200 ribu di bengkel kami," kata Ivan.

Ia menambahkan, pengguna Ninja 250 Fi sebaiknya hati-hati dalam menjaga kondisi mesin agar tetap sehat dan tidak overheat.

"Sebab masalah perubahan warna oli mesin di Ninja 250 Fi ini bisa disebabkan faktor overheat yang membuat seal water pump aus," tutupnya.

Mahendra Motosport (MMS)

Ruko Grand Kalimas A17, Jl. Kyai H. Noer Ali, Tambun Selatan, Bekasi Timur, Jawa Barat.
 
Telp: 087834448298