Respons Toyota Soal Kelangkaan Calya di Sejumlah Dealer, Bantah Kurangi Pasokan dari Pabrik, Malah Terus Ditambah

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 19 April 2022 | 19:40 WIB

Toyota Calya G AT 2019 (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) angkat bicara mengenai stok Calya yang kosong, hingga terjadi kelangkaan di sejumlah dealer resmi mereka.

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan kelangkaan Toyota Calya ini bukan disebabkan oleh ketidakmampuan pabrik dalam menyuplai produk.

"Tapi memang tampaknya demand (permintaan) lebih tinggi," ujar pria yang akrab disapa Anton ini kepada GridOto.com, Senin (18/4/2022).

Lanjut menurut Anton, dalam beberapa bulan ini pihaknya juga sudah meningkatkan kapasitas produksi Toyota Calya di pabrik.

Hal tersebut dilakukan, seiring dengan adanya program insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) yang berlaku selama kuartal I 2022.

"Untuk Calya, pada dasarnya sejalan dengan adanya program PPnBM kami terus tingkatkan supply (pasokan) ya," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM

"Dari 932 unit pada Januari 2022, naik ke 2.522 unit pada Februari 2022, dan naik lagi ke 3.521 unit pada Maret 2022," imbuhnya.

Adapun mengenai stok Toyota Calya yang kosong di sejumlah dealer, Anton mengaku akan pantau perkembangannya dan berusaha sebaik mungkin untuk penuhi permintaan konsumen.

"Kami akan monitor terus untuk bisa fulfill (memenuhi) lebih baik dan banyak ke depan," pungkasnya.

Baca Juga: Stok Toyota Calya Terpantau Kosong di Sejumlah Dealer Jelang Mudik Lebaran 2022, Kok Bisa?