Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rapor Hijau Penjualan Industri Otomotif Nasional Kuartal I 2022, Pabrikan Jepang Kuasai Lima Besar, Sudah Mulai Pulih?

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 19 April 2022 | 06:00 WIB
Pengunjung padati pameran otomotif.
Dok. OTOMOTIF
Pengunjung padati pameran otomotif.

GridOto.com - Performa penjualan industri otomotif nasional selama tiga bulan pertama atau kuartal I 2022, bisa dikatakan berada di jalur positif.

Sinyal pemulihan juga mulai terasa, usai terdampak pandemi Covid-19 dalam dua tahun belakangan ini.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), selama Januari hingga Maret 2022 tercatat 238.377 unit mobil baru terjual dari dealer ke konsumen (retail sales).

Sementara distribusi mobil baru dari pabrik ke dealer atau wholesales, mencatatkan angka penjualan sebesar 263.822 unit selama kuartal I tahun ini.

Terjadi kenaikan penjualan yang cukup signifikan jika dibandingkan pencapaian di kuartal I 2021 lalu, baik untuk wholesales maupun retail sales.

Mengingat selama periode tersebut, retail sales mobil baru di Tanah Air hanya tercatat sebanyak 178.452 unit dan wholesales 187.026 unit.

Bahkan rekor penjualan mobil baru kembali tercipta pada Maret 2022 lalu, dengan pencapaian luar biasa dalam kurun waktu dua tahun terakhir selama pandemi Covid-19.

"Hasil penjualan kendaraan pada Maret 2022 yang berhasil mencapai lebih dari 98 ribu unit, berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal (sebelum pandemi Covid-19)," ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO dalam keterangan tertulis.

"Ini adalah buah dari arahan dan dukungan yang diberikan pemerintah lewat kebijakan relaksasi PPnBM DTP, yang menjadi alasan utama kenaikan angka penjualan luar biasa yang dicatat pada kuartal pertama tahun ini," lanjutnya.

Baca Juga: Rapor Hijau Penjualan Mobil Baru Maret 2022, Ciptakan Rekor Baru Saat Pandemi Covid-19, Nyaris 100 Ribu Unit

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa