Rapor Hijau Penjualan Mobil Baru Maret 2022, Ciptakan Rekor Baru Saat Pandemi Covid-19, Nyaris 100 Ribu Unit

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 11 April 2022 | 06:30 WIB
Penjualan mobil baru pada Maret 2022 melonjak hingga catatkan hasil luar biasa.
Dok. OTOMOTIF
Penjualan mobil baru pada Maret 2022 melonjak hingga catatkan hasil luar biasa.

GridOto.com - Rekor penjualan mobil baru kembali tercipta pada Maret 2022 lalu, dengan pencapaian luar biasa dalam kurun waktu dua tahun terakhir saat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), retail sales mobil baru tercatat sebanyak 89.811 unit selama periode tersebut.

Terjadi kenaikan penjualan sebanyak 19.822 unit atau melonjak 28,3 persen dibanding Februari 2022 lalu, dengan retail sales sebesar 69.989 unit.

Sementara untuk wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer mencapai angka 98.524 unit, tertinggi selama pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, hasil ini telah mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia pada kondisi normal sebelum pandemi Covid-19.

"Hasil penjualan kendaraan pada bulan Maret yang berhasil mencapai lebih dari 98 ribu unit, yang berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal, adalah buah dari dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah" ujar Nangoi dalam keterangan tertulis yang diterima GridOto, Senin (11/4/2022).

Lebih lanjut, Nangoi juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada pemerintah atas dukungan luar biasa, lewat berbagai kebijakan yang mendorong bangkitnya industri otomotif Indonesia.

Salah satunya lewat kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP), yang berhasil membangun gairah pasar otomotif dan mendorong tingginya permintaan.

"Khususnya kami menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian Perindustrian, atas arahan dan dukungan penuhnya kepada industri otomotif Indonesia lewat kebijakan relaksasi PPnBM DTP, yang menjadi alasan utama kenaikan angka penjualan luar biasa yang dicatat pada kuartal pertama tahun ini," tutur Nangoi.

Baca Juga: Raih 'Cuan' Besar Tahun Ini, GAIKINDO Siap Selenggarakan Lagi Jakarta Auto Week Tahun Depan


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa