Ruas Tol Danowudu-Bitung Diresmikan Presiden Jokowi, Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara Akhirnya Tersambung Penuh

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 25 Februari 2022 | 18:35 WIB

Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Ruas Tol Danowudu-Bitung seksi 2B yang belum lama ini dituntaskan pembangunannya, resmi beroperasi dan sudah bisa diakses oleh masyarakat di Sulawesi Utara.

Adapun Ruas Danowudu-Bitung merupakan seksi terakhir dari jalan tol pertama di Bumi Nyiur Melambai, melengkapi Ruas Manado-Danowudu yang telah beroperasi sejak September 2020 lalu.

Bahkan peresmian ruas tol sepanjang 13,4 Km tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Bitung, pada Jumat (25/2/2022) hari ini.

Peresmian ini juga menandai Jalan Tol Manado-Bitung telah terhubung secara penuh, dengan total panjang 39,8 km.

"Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 Km tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Sulawesi Utara," ujar Presiden Jokowi dalam siaran resmi Jasa Marga, Jumat (25/2/2022).

Dok. Jasa Marga
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung di Gerbang Tol (GT) Bitung, Bitung, Sulawesi Utara (25/02).

Presiden Jokowi pun berharap pengiriman logistik serta mobilitas masyarakat jadi semakin mudah, dengan waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang terpangkas jauh dari biasanya.

Dengan beroperasinya Jalan Tol Manado-Bitung secara penuh, diharapkan juga bisa memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

"Jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya sekitar 1,5-2 jam, sekarang sekitar 35 menit," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung, Charles Lendra, yang mana Jalan Tol Manado-Bitung diharapkan dapat mempermudah akses menuju kawasan vital di antara dua kota tersebut.