Seken Keren - Bengkel Spesialis Ungkap Penyakit Chevrolet Trax, Masalah pada Komponen Ini Bisa Bikin Overheat

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 30 Januari 2022 | 18:15 WIB

All New Chevrolet Trax LTZ (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Chevrolet Trax bekas bisa menjadi rekomendasi, buat sobat yang ingin membeli sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) Compact dengan harga mulai Rp 125 juta hingga Rp 160 jutaan.

Sebelum membeli unit bekasnya, pastikan sobat mengetahui penyakit apa saja yang sering menjangkit SUV Compact dari pabrikan Amerika Serikat ini.

Pemilik bengkel spesialis Chevrolet Mentari Motor di Jakarta Selatan, Rasim Rusdianto, mengatakan bahwa Trax memiliki penyakit di bagian pendinginan atau cooling system.

"Penyakit Chevrolet Trax di cooling system sama dengan Chevrolet Aveo karena dibuat dari basis yang sama," ujar Rasim kepada GridOto.com, Jumat (28/01/2022).

Rasim menjelaskan, penyakit di sistem pendingin tidak hanya membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal, bahkan bisa berujung overheat.

"Biasanya penyakit Chevrolet Trax itu akibat water pump dan pipa konektornya bocor. Kalau masalah ini didiamkan mesin bakal overheat karena air di dalamnya habis," jelasnya.

Kendati demikian, penyebab kerusakan pipa konektor dan water pump dari Chevrolet Trax bukan karena termakan usia, melainkan material yang dinilai kurang kuat.

"Biasanya water pump sama pipa konektornya kami ganti. Kalau ganti water pump sama pipa konektor itu biayanya sekitar Rp 1,4 juta, sudah termasuk air coolant dan jasa bengkel," ungkap Rasim.

Bagi yang baru membeli Chevrolet Trax bekas, Rasim menyarankan untuk melakukan peremajaan pada sistem pendinginnya.

"Peremajaan cooling system mulai pipa konektor, thermostat, water pump, pipa cooling turbo, kalau diganti semua sekitar Rp 3 juta," pungkas Rasim.

Baca Juga: Seken Keren - Perhatikan Bagian Ini Saat Beli Chevrolet Trax, General Check Up di Bengkel Spesialis Biayanya Rp 250 Ribuan

Mentari Motor

Jl. Warung Buncit Raya No.477, RT.8/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740
 
Telp: 0817-0239-000