Proyek Tol Yogyakata-Bawen Dapat Perhatian Khusus dari Pemprov Jateng, Ingin Pengerjaannya Tak Rugikan Masyarakat

Ruditya Yogi Wardana - Minggu, 16 Januari 2022 | 14:10 WIB

Ilustrasi trase jalan tol Yogyakarta-Bawen (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Pengerjaan proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng).

Pemprov Jateng ingin proses pengerjaan jalan tol sepanjang 75,82 km ini tidak menggangu kegiatan ekonomi warga sekitar, khususnya di sektor pertanian.

Enggak cuma itu, proses konsultasi publik terkait proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen juga akan terus dikawal dengan ketat hingga selesai.

Kabid Pertanahan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Disperakim) Provinsi Jateng, Endro Hudiyono, menyebutkan kalau proses konsultasi publik merupakan tahap awal dari proyek jalan tol ini.

Mengingat masih ada proses lanjutan yakni pematokan dan penetapan lokasi oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Jika semua proses dari konsultasi publik hingga pengerjaan berjalan lancar, maka Jalan Tol Yogyakarta-Bawen bisa memberikan sejumlah manfaat.

Mulai dari mobilitas antar-wilayah jadi semakin mudah, karena ruas jalan tol tersebut akan terkoneksi dengan Tol Trans Jawa.

Hingga sektor wisata di kedua wilayah bisa semakin terangkat dengan hadirnya jalan tol ini.

"Koneksi jalan tol Yogyakarta-Bawen akan mengangkat potensi wisata dan meningkatkan investasi maupun perekonomian, baik di Kabupaten Magelang maupun daerah penyangga," katanya, dikutip dari Tribunjateng.com.

Baca Juga: Update Tol Yogyakarta-Bawen, Pegerjaan Konstruksi Ditargetkan Dimulai Awal 2022