Update Tol Yogyakarta-Bawen, Pegerjaan Konstruksi Ditargetkan Dimulai Awal 2022

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 7 Januari 2022 | 18:50 WIB

ilustrasi ruas tol Yogyakarta-Bawen (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com -Setelah sekian lama molor, akhirnya pengerjaan konstruksi jalan tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Sleman-Banyurejo semakin jelas.

PPT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) bersama Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Direktorat Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR, akan berfokus untuk melaksanakan lelang dan pengerjaan konstruksi tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1.

Sebelum lelang dimulai, desain Rencana Teknik Akhir (RTA) jalan tol ini harus segera difinalkan dan mendapat persetujuan dari Dirjen Bina Marga.

Dengan begitu, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bisa mulai mencari tender dan pelaksana konstruksi sesegera mungkin.

Mengingat adanya percepatan pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen, yang mana pengerjaan konstruksinya ditargetkan bisa dimulai pada awal tahun ini.

Kepala Bidang Teknik BPJT, Ni Komang Rasminiati, mengatakan bahwa rapat pleno yang membahas terkait pengerjaan jalan tol Yogyakarta-Bawen sudah dilakukan pada akhir Desember 2021 lalu.

Adapun rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan konsinyering desain RTA Seksi 1 yang sempat dilaksanakan pada 13-15 Oktober 2021 lalu.

"Kegiatan pembahasan dilaksanakan secara simultan untuk masing-masing bidang Highway, Structure, Drainase serta Geoteknik," jelasnya, dikutip dari Tribunjogja.com.

Dari rapat ini kemudian dilakukan revisi serta perbaikan pada masing-masing bidang agar RTA-nya semakin matang.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Masih Terus Digenjot, Dokumen RTA Sebentar Lagi Selesai