Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usir Truk ODOL, Teknologi Weight in Motion Sudah Berlaku di Jalan Tol, Tapi...

M. Adam Samudra - Rabu, 5 Januari 2022 | 08:45 WIB
mobile weight in motion (WiM), suatu peralatan untuk menguji bobot kendaraan.
Adam Samudra
mobile weight in motion (WiM), suatu peralatan untuk menguji bobot kendaraan.

GridOto.com - Pemerintah secara resmi memberlakukan penerapan teknologi Weight In Motion (WIM) di jalan tol sejak Sabtu (1/1/2022).

Berlakunya penerapan WIM sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan (Menhub) Nomor 116 Tahun 2021 tentang Pengawasan dan Penindakan Terhadap Kendaraan Angkutan Barang atas Pelanggaran Ukuran Lebih (Over Dimension) dan Pelanggaran Muatan Lebih (Over Loading) atau ODOL di Jalan Tol.

Hingga saat ini total ada 10 WIM yang telah dipasang di jalan tol.

Empat WIM berada di Tol Trans-Jawa dan tiga sisanya berada di Tol Trans-Sumatera.

Baca Juga: Wuih! Alat Ini Bisa Mengukur Beban Truk Odol, Bagimana Cara Kerjanya?

Melihat hal ini, Pemerhati Masalah Transportasi, Budiyanto menyoroti beberapa hal berkenaan dengan teknologi WIM tersebut.

"Alat tersebut harus mendapatkan sertifikasi (kalibrasi atau tera) secara berkala untuk menjamin akurasi hasil timbangan," kata Budiyanto melalui keterangannya, Rabu (5/1/2022).

Budiyanto melanjutkan, penerapan sistem teknologi WIM yang akan diintegrasikan dengan E-TLE Polri harus betul dipersiapkan dengan matang.

Baca Juga: Mulai 2020 Gerbang Tol Bakal Dilengkapi Jembatan Timbang, Truk ODOL Bisa Terciduk!

"Karena konteksnya dengan penegakan hukum yang tentunya akan berkonsekuensi terhadap masalah- masalah hukum.
Bagaimana mampu menghadirkan timbangan yang akurasi hasilnya dapat dipertanggung jawabkan dan penyiapan pusat data dan SDM yang mumpuni," bebernya.

Menurutnya, realisasi surat edaran tentang pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran odol sebenarnya rohnya ada pada penegakan hukum dengan sistem E-TLE .

"Tanpa penerapan penegakan Hukum dengan sistem E-TLE , akan lahir kebijakan yang setengah hati atau tidak maksimal. Ingat bahwa pelanggaran zero Odol sudah direncanakan cukup lama namun tertunda terus akibat banyak kepentingan," tutup mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya ini.

Sekadar informasi, penerapan Weight-In-Motion pada jembatan atau jalan juga dapat menjadi salah satu solusi dalam melakukan perawatan jembatan atau jalan.

Dikarenakan banyaknya truk yang over loading (ODOL) mengakibatkan rusaknya jalan dan jembatan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa