Ingat, Tulang yang Patah Akibat Kecelakaan Sulit Normal Kembali, Bagian Ini Penyembuhannya Paling Lama

Harun Rasyid - Jumat, 10 Desember 2021 | 13:13 WIB

Ilustrasi kecelakaan yang bisa mengakibatkan patah tulang (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Kecelakaan saat mengendarai motor maupun mobil, dapat mengakibatkan luka hingga cedera seperti keseleo sampai patah tulang.

Untuk penyembuhan keseleo dan patah tulang akibat kecelakaan saat mengendarai motor ataupun mobil, pengobatan alternatif bisa menjadi salah satu pilihan.

"Delapanpuluh persen pasien yang berobat di sini itu dari kecelakaan motor dan mobil, mulai dari jatuh hingga tabrakan yang membuat tulang patah atau bergeser," ujar Seri Gurusinga, Pengurus Panti Pengobatan Ahli Patah Tulang Guru Singa di Jakarta Timur kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Namun Seri menyebut, lama penyembuhan patah tulang akibat kecelakaan lalu lintas ini terbilang bervariasi karena sejumlah faktor.

"Faktor lama penyembuhan patah tulang itu pertama, usia pasien. Semakin muda umurnya akan makin cepat sembuh. Kedua itu tergantung tulang bagian mana yang mengalami patah," ucapnya.

Seri menyebut, tulang manusia di bagian tertentu yang patah butuh waktu lama untuk sekadar tersambung atau menyatu kembali.

"Kalau yang patah tulang paha dan lengan, itu sembuhnya lebih lama dari tulang lainnya. Sebab bagian ini lemaknya banyak, tulangnya satu dan sudah gitu besar ukurannya. Jadi untuk waktu tersambungnya itu sekitar dua bulan setengah," jelasnya.

Lebih lanjut, Seri mengatakan kalau tulang seseorang yang patah cenderung rentan dan tidak bisa kembali normal seperti semula walaupun sudah disembuhkan.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Pengelihatan Ganda Diplopia, Bisa Jadi End Game Buat Marc Marquez