KNKT Minta Pemerintah Perhatikan Tempat Tidur Bagi Sopir Bus Pariwisata

M. Adam Samudra - Selasa, 16 November 2021 | 08:37 WIB

Ilustrasi Sopir bus yang bersitirahat di bagasi bus (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menyoroti kualitas tidur sopir bus pariwisata.

Soerjanto mengatakan selama ini kualitas dan kelayakan tempat tidur sopir bus kurang mendapat perhatian dari pemerintah, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Disampaikan dari hasil investigasi KNKT terkait kecelakaan lalu lintas jalan yang melibatkan Bus Pariwisata, KNKT masih mengidentifikasi faktor penyebab kecelakaan pengemudi yang dipicu Microsleep," kata Soerjanto melalui keterangan resminya, Selasa (16/11/2021).

Soerjanto menjelaskan, dari hasil penelusuran KNKT menemukan bahwa tempat destinasi wisata maupun hotel belum menyediakan tempat istirahat bagi pengemudi.

Baca Juga: Pengendara Perlu Tahu, Mobil Rusak Karena Kerusakan Jalan Tol Bisa Tuntut Ganti Rugi, Yuk Pahami Prosedurnya

"Sehubungan dengan itu mohon dukungan bapak Menteri untuk mendorong terwujudnya atmosphere destinasi wisata yang berkeselamatan bagi pengemudi pariwisata," ucapnya.

Djoko
Tempat istirahat para sopir

Soerjanto mengatakan selama ini telah kerap menyampaikan rekomendasi terkait kualitas dan kelayakan tempat tidur sopir bus pariwisata.

Namun, menurut dia, rekomendasi tersebut belum diindahkan oleh para stakeholder.

Melalui surat tersebut, Soerjanto pun berharap kualitas dan kelayakan tempat tidur sopir bus pariwisata dapat lebih diperhatikan.