Street Manners - Agar Tetap Aman dan Tidak Banyak Mengeluh Saat di Jalan, Perhatikan Hal Ini Ketika Boncengan Pakai Motor Sport

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 24 Juli 2021 | 18:20 WIB

IlustrasiI posisi boncengan yang aman motor sport (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Riding menggunakan motor sport memang menjadi hobi beberapa bikers pecinta roda dua.

Apalagi ridingnya ditemani pasangan atau teman sepermainan, pastinya jadi nilai lebih karena ada teman bercerita sepanjang perjalanan.

Namun, tak sedikit yang mengeluh saat dibonceng menggunakan motor sport, lantaran posisi jok yang tinggi membuat badan penumpang terasa pegal selama di perjalanan.

Andry Berlianto, selaku Praktisi safety riding dan safety driving Indonesia mengatakan, boncengers musti memperhatikan beberapa hal agar tetap aman dan selamat sampai tujuan.

"Ketika berboncengan menghadap depan dan memeluk tubuh pengendara jika pasangan atau memegang paha sendiri jika risih memeluk," ujar Andry kepada GridOto.com, Sabtu (24/07/2021).

Andry menjelaskan, cara tersebut merupakan paling aman karena posisi pengendara maupun penumpang seimbang, serta tidak mengganggu manuver di jalan raya.

Bisa juga gunakan tas kecil, agar tidak merosot atau risih jika memeluk pengendara.

"Beri jeda dengan tas kecil jika risih untuk memeluk, karena posisi motor sport yang cenderung merunduk. Lalu kaki atau paha merapat ke dalam dan pastikan tidak duduk menyamping," ucap Andry.

Baca Juga: Street Manners - Sering Disepelekan, Ini Bahaya Membawa Penumpang Berlebih di Dalam Mobil