KKI Minta BPKN Batalkan Rencana Naiknya Tarif Tol, Begini Alasannya!

Muslimin Trisyuliono - Senin, 8 Maret 2021 | 21:04 WIB

Ilustrasi jalan tol yang melintasi Kabupaten Malang. (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) mendesak Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) untuk membatalkan rencana kenaikan tarif tol.

Surat tersebut diajukan, lantaran buntut dari pernyataan rencana kenaikan tarif tol yang telah diungkapkan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) beberapa waktu lalu.

David Tobing, selaku ketua KKI mengatakan banyak konsumen pengguna jalan tol yang mengadu terkait pelayanan yang tidak maksimal, seperti banjir dan banyak jalan yang rusak, sehingga ia meminta rencana kenaikan tarif tol harus dibatalkan.

"Ini sangat disesalkan dalam kondisi pelayanan tol tidak maksimal dari sisi keselamatan maupun konstruksi jalan tol masa tarif tol tetap dinaikan, malah seharusnya di beberapa ruas jalan tol tarif diturunkan dan digratiskan mengingat pengelola sudah untung," ujar David Tobing dalam keterangan resmi yang diterima GridOto, Senin (08/03/2021).

Baca Juga: BPTJ Bakal Kasih Sanksi Tegas Bagi Operator Moda Transportasi Umum di Jabodetabek, Kenapa Ya?

David membeberkan pelayanan tol yang tidak maksimal menurut pengguna jalan tol yang mengadu ke KKI.

"Pertama dari sisi keselamatan dan kenyamanan di jalan tol yang sangat minim misalnya dalam kasus banjir, drainase air yang tidak lancar dan pompa untuk membuang air tidak tersedia bahkan jalan tol dijadikan tempat menampung air dari jalan umum," terang David.

Kemudian sarana dan kondisi jalan yang rusak serta tidak segera dilakukan perbaikan.

Serta macet di jalan tol yang tidak memenuhi syarat pelayanan minimal kecepatan tempuh jalan bebas hambatan.

Baca Juga: Kendaraan Kebanjiran di Jalan Tol , Pemilik Berhak Tuntut Ganti Rugi?