Seru! Dokter Tirta Sarankan Kegiatan Ini untuk Isi Libur Akhir Tahun 2020 Dalam Situasi Pandemi Covid-19

Wisnu Andebar - Kamis, 24 Desember 2020 | 10:50 WIB

Komunitas Camper Van Indonesia (CVI) camping di Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Libur akhir tahun 2020 menjadi momen yang pas untuk mengisi waktu luang bersama keluarga.

Namun karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, protokol kesehatan harus tetap dijalankan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan membawa hand sanitizer.

Selain mematuhi protokol kesehatan, sebaiknya juga memerhatikan tempat wisata yang ingin dituju untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kalau mau berwisata lebih bagus ke alam, contoh gunung, pantai. Saya menyarankan ke alam yang terbuka tapi dalam kondisi yang kerumunannya terjaga," kata dr Tirta Mandira Hudhi saat dihubungi GridOto.com, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: Libur Akhir Tahun 2020 Mau Touring? Servis Motor Dulu Biar Dipakainya Tenang, Segini Biayanya di Bengkel Umum

Dokter Tirta menjelaskan, saat berada di alam terbuka yang memiliki area luas,  memungkinkan untuk tetap dapat menjaga jarak aman saat berlibur.

"Jadi lebih baik cari wisata alam lah, karena yang paling minim terhadap Covid-19, karena kan tempat terbuka," terangnya.

Instagram @dr.tirta
Dr Tirta

Ia menyarankan, ketika berwisata di alam terbuka para keluarga bisa berkemah  sehingga tidak berkerumun atau kontak langsung dengan orang lain.

"Misal naik MPV atau SUV, terus camping bersama keluarga mengunjungi wisata alam yang ada di Indonesia, gelar tenda di samping mobil," ucapnya.

Baca Juga: Mau Liburan Akhir Tahun Pakai Kendaraan Pribadi? Dokter Tirta Kasih Saran Begini Agar Terhindar dari Covid-19

"Jadi pengalaman baru buat keluarga bisa fun camping, malah menurut saya ini strategi celah bisnis wisata yang baru," sambung dokter yang juga influencer sekaligus pengusaha.

Lebih lanjut ia menambahkan, camping juga sedang menjadi tren belakangan ini. Terlebih Indonesia juga menyimpan potensi wisata alam yang kaya.

"Misal targetnya ke Surabaya, tapi nanti bisa mampir camping di Tegal terus ke Solo, tapi tetap perhatikan protokol kesehatan," tutur pria yang juga hobi koleksi mobil dan motor ini.

"Saya lebih setuju teman-teman untuk fun camping. Selain enggak berkerumun dan meminimalisir Covid-19, camping itu seru dan murah," pungkasnya.