Dari Peningkatan Operasional Hingga Rekayasa Lalu Lintas, Berikut Persiapan Jasamarga Metropolitan Tollroad Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Ruditya Yogi Wardana - Minggu, 20 Desember 2020 | 14:35 WIB

Ilustrasi jalan tol (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division berencana untuk melakukan peningkatan layanan operasional dalam waktu dekat.

Langkah tersebut dilakukan mulai dari 23 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021 untuk mengatisipasi peningkatan arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Mengutip dari Kompas.com, pengingkatan yang dilakukan berupa optimalisasi bidang layanan operasional jalan tol dengan mengedepankan protokol pencegahan Covid-19.

Kemudian pihak JMT juga akan melakukan pengoperasian 116 gerbang tol untuk memperlancar arus lalu lintas.

Baca Juga: Berharap Tak Ada Penumpukan Kendaraan saat Libur Nataru, PT Waskita Toll Road Lakukan Persiapan Ini di 12 Ruas Jalan Tol

Selain itu, sejumlah personel juga disiagakan untuk membantu proses tapping dan mengoperasikan mobile redaer jika terjadi antrean serta memastikan seluruh peralatan tol berfungsi baik selama 24 jam.

Marketing and Communication Department Head JMT, Irra Susiyanti mengatakan, ada sebanyak 39 unit kendaraan mobil customer service, 14 unit ambulans dan 11 unit kendaraan rescue disiagakan di seluruh ruas tol yang dikelola JMT.

"Untuk pemantauan kondisi lalu lintas, JMT mempersiapkan 511 unit CCTV, 145 unit Variable Message Sign (VMS), delapan unit VMS Mobile dan 12 unit Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) guna mempercepat penyapaian informasi," kata Irra, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (19/12/2020).

Lalu ada sebanyak delapan tim yang dipersiapkan untuk bersiaga selama 24 jam, 83 unit pompa air permanen, lima unit pompa air mobile, dan 16 unit pompa alcon untuk mengantisipasi potensi genangan air akibat curah hujan tinggi.

Baca Juga: Jangan Takut Kehabisan BBM! Pertamina Tambah Titik Pengisian di Tol Trans Jawa Selama Natal dan Tahun Baru 2021