Plus-Minus Yamaha All New Aerox 155 Connected Tanpa Rem Cakram Belakang

Harry - Rabu, 18 November 2020 | 19:30 WIB

Yamaha All New Aerox 155 Connected (Harry - )

GridOto.com - Sejak dikenalkan pertama kali tahun 2016, Yamaha Aerox enggak dibekali rem belakang tipe cakram, melainkan tipe tromol.

Lalu tahun 2020 ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali mengenalkan model terbaru All New Aerox 155 Connected, yang juga tanpa rem cakram belakang.

(Baca Juga: Kesan Pertama Mencoba Yamaha All New Aerox 155 Connected, Bisa Irit dan Kencang)

Hal ini banyak dikomentari penggemar sepeda motor Indonesia. Tapi pihak Yamaha ternyata punya alasan tersendiri sob.

"Tujuannya untuk menekan bobot motor dan mendapatkan Power to Weight (PWR) ratio terbesar di kelasnya,” ujar Antonius Widiantoro, Manager of Public Relation YIMM.

Fariz/otomotifnet.com
Untuk mengganti informasi pada spidometer All New Aerox 155 Connected cukup tekan tombol di sakelar kiri sisi depan yang bertuliskan Menu


Selain itu, sasaran konsumen yang menginginkan All New Aerox 155 dianggap ingin control lebih pada motornya saat berkendara.

"Konsumen Aerox lebih berorientasi pada sporty riding, berbeda dengan konsumen NMAX yang motornya ditujukan untuk segmen yang lebih luas,” sambungnya.

(Baca Juga: Selisih Rp 3,5 Juta, Nih Bedanya Yamaha All New Aerox 155 Connected Varian ABS dan Standar)

Selain itu, karena masih pakai rem tromol, motor ini jadi bisa dilengkapi dengan parking brake lock (lihat foto atas), ini berguna banget saat parkir di permukaan jalan menurun atau menanjak.

Parking brake lock umumnya tidak digunakan pada rem jenis cakram yang bekerja secara hidrolis.

Jika rem hidrolis ditekan secara terus menerus dalam waktu lama dalam pengoperasian parking brake lock, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada sil-sil di kaliper dan master rem.

Kecuali pada moge-moge yang rem belakang cakram tapi punya parking brake lock, dipastikan memiliki mekanisme berbeda, hidrolis untuk rem belakang dan rem mekanis untuk rem parkir.

Dua rem di satu roda tentunya membuat harga jual jadi lebih mahal.

Sedang Yamaha rasanya tidak mau menambah harga pada Aerox untuk mekanisme parking brake lock layaknya moge.  

Tapi memang, karena konsep sporty yang diusung Aerox, tanpa hadirnya rem cakram belakang jadi sedikit kurang lengkap ya?

Jadi kalau mau pasang cakram belakang, meski keluar dana ekstra sob.