Pembebasan Lahan Tol Kertosono-Kediri Dimulai Awal Tahun Depan, 2023 Ditargetkan Beroperasi?

Dia Saputra - Kamis, 24 September 2020 | 15:57 WIB

ilustrasi jalan Tol Kertosono-Kediri (Dia Saputra - )

GridOto.com - Lahan jalan Tol Kertosono-Kediri yang rencananya memiliki panjang 20,3 km akan mulai dibebaskan pada awal 2021 mendatang.

Pembebasan lahan jalan tol ini akan dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui kelompok usahanya, PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK).

Hingga saat ini, proses pembangunan Tol Kertosono-Kediri telah memasuki pengajuan penetapan lokasi (penlok) dari Gubernur Jawa Timur.

"Setelah penlok selesai, kami akan kejar persetujuan Rencana Teknik Akhir (RTA) yang dilanjutkan dengan proses pembebasan lahan," ujar Direktur Utama PT JNK Arie Irianto dikutip dari jasamarga.com.

Baca Juga: Tol Kediri-Tulungagung Akan Dibangun, Wakil Gubernur Jatim: Tol Kertosono-Kediri Dulu

Arie menambahkan jika pihaknya sudah mendapat persetujuan review Right of Way (ROW) Plan pada bulan Agustus 2020 lalu.

"Dengan dibangunnya Tol Kertosono-Kediri, PT JNK mengelola ruas tol Ngawi-Kertosono-Kediri dengan panjang 108 Km," tambahnya.

Rencananya jalan tol dengan biaya investasi Rp 3,9 triliun tersebut akan dilengkapi satu junction di Kedungsoko dengan jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Selain itu, pada Tol Kertosono-Kediri juga akan ada dua interchange yang terletak di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri.