Belum Banyak yang Tahu, Suzuki Pernah Bikin Motor Unik Pakai Mesin Wankel, Dengerin Suaranya Sob!

Ruditya Yogi Wardana - Sabtu, 15 Agustus 2020 | 21:03 WIB

Belum banyak yang tahu kalau Suzuki pernah memproduksi motor unik pakai mesin wankel bernama Suzuki RE5. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Mungkin sebagian besar pencinta otomotif Tanah Air belum banyak yang tahu kalau Suzuki pernah membuat motor unik pakai mesin wankel alias rotari di era '70-an.

Yup, jenis mesin yang juga digunakan di Mazda RX-7 dan RX-8 tuh sob.

Melansir motorcyclespecs.co.za, motor unik ini punya nama Suzuki RE5 yang mulai diproduksi pada 1974 dan dipensiunkan di 1976.

Sebetulnya, penggunaan mesin wankel pada motor memang terbilang enggak umum, tapi Suzuki punya alasannya tersendiri.

Baca Juga: Blast From The Past! Suzuki RE5: Motor Unik yang Mesinnya Enggak Punya Piston

motorcyclespecs.co.za
Brosur Suzuki RE5 bermesin wankel

Jadi, pabrikan berlogo 'S' ini ingin motor buatannya punya entakan tenaga yang halus, torsi mantap di rpm rendah, minim getaran dan komponen mesin yang lebih sedikit.

Hasilnya, Suzuki RE5 bermesin single rotor berkapasitas 500 cc ini punya output tenaga yang lumayan sob, ada di angka 62 dk pada rpm 6.500 dengan torsi 74,5 Nm di rpm 3.500!

Walaupun punya mesin yang terbilang unik, motor besutan Suzuki ini ternyata enggak bisa mengambil hati konsumen alias kurang laku di pasaran pada masa itu.

Pasalnya, para konsumen sudah merasa kebingungan melihat kerumitan konstruksi sekaligus teknologi yang disematkan pada mesin Suzuki RE5.