Blast From The Past! Suzuki RE5: Motor Unik yang Mesinnya Enggak Punya Piston

Ditta Aditya Pratama - Rabu, 15 Agustus 2018 | 08:21 WIB

Suzuki RE5 (Ditta Aditya Pratama - )

GridOto.com - Era 1970-1980 adalah zamannya pabrikan motor menghadirkan inovasi yang gila.

Enggak mikir soal keuntungan, pabrikan saat itu melihat teknologi apa yang belum dihadirkan kompetitor.

Membuat motor yang unik dan lain dari yang lain enggak cuma menghadirkan apa yang belum ada, tapi juga bisa dengan menghilangkan komponen yang umumnya ada pada sebuah motor.

Contohnya piston yang hampir ada di mesin pembakaran internal, bagaimana kalau sebuah motor  pakai mesin yang tak memerlukan piston?

(BACA JUGA: Tahu Enggak, Yamaha Pernah Bantu Bikin 5 Mesin Mobil Ini Lho)

Simak sampai habis Sob, karena kali ini GridOto.com akan membahas motor unik lagi yaitu Suzuki RE5 yang diluncurkan pada tahun 1973-74.

Yang bikin unik karena mesinnya memang tak punya piston sebab berjenis mesin rotari alias wankel, makanya nama RE memang berasal dari kata 'Rotary Engine'.

Kalau anak mobil pasti paham dong, mesin rotari ini sudah terkenal karena diterapkan pada mobil Mazda RX series seperti Mazda RX7 dan RX8.

Sistem kerjanya tidak seperti mesin biasa yang pakai piston dan bergerak maju mundur, mesin wankel menggunakan rotor yang berputar pada poros engkol.

Nah karena rotor tersebut memiliki 3 sisi permukaan rongga maka ruang bakar pada mesin rotary berputar searah dengan putaran rotor.