Jangan Asal Pilih, Perhatikan Aspek Ini Saat Memilih Kaca Film

Radityo Herdianto - Kamis, 2 Juli 2020 | 08:00 WIB

Produk-produk kaca film di Jaya Mandiri Motor (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Sebelum memilih kaca film untuk mobil, ada aspek yang harus diperhatikan agar tidak asal pilih.

Sejatinya kaca film menjadi aksesori penting bagi pemilik mobil di Indonesia untuk menambah kenyamanan di dalam kabin.

Sebagai negara iklim tropis, pemilihan kaca film penting untuk meredam panas yang masuk ke dalam kabin mobil.

"Kalau tujuan utama untuk meredam panas berarti bukan cari kaca film yang punya daya tolak sinar ultraviolet yang tinggi," buka Arief Hidayat, CEO Wealthy Group kepada GridOto.com.

Menurut Arief, hampir seluruh produk kaca film sekarang sudah punya kemampuan menolak sinar ultraviolet yang baik bahkan sampai 99 persen.

RR Inne
Ilustrasi. Pasang Kaca Film Wealthy Photochromic Film

Baca Juga: Tambah Ilmu, Begini Cara Mudah Membedakan Jok Kulit Asli dan Sintetis

"Yang dicari itu bagaimana kaca film punya kemampuan menolak sinar infra merah yang baik, karena punya spektrum cahaya infra merah besar dan berpengaruh pada peningkatan suhu udara," terang Arief.

Kemampuan menolak sinar infra merah dijadikan dasar utama bagi Arief untuk menilai kaca film memiliki kualitas baik yang tidak dimiliki banyak produk lainnya.

"Dengan tingkat kegelapan yang lebih bening kalau daya tolak sinar infra merah tinggi berarti kualitas kaca film itu bagus, bening tapi tidak panas," sebut Arief.

Aspek lain yang kemudian bisa dilihat adalah tingkat kegelapan kaca film yang bisa disesuaikan tanpa mengganggu visibilitas terutama saat berkendara di malam hari.

"Jangan jadikan tingkat kegelapan kaca film sebagai peredam panas, dia hanya punya pengaruh besar untuk meredam intensitas cahaya," tutur Arief.