Kaca Film Bikin Sinyal Remote Mobil Terganggu, Begini Jawabannya?

Radityo Herdianto - Kamis, 25 Juni 2020 | 11:00 WIB
Ilustrasi. Pemasangan Kaca Film V-KOOL
Dok. V-KOOL Indo Lestari
Ilustrasi. Pemasangan Kaca Film V-KOOL

GridOto.com - Sebagian besar mobil baru yang dijual di Indonesia dibekali smart key atau remote membuka dan mengunci pintunya.

Ada yang tinggal tekan tombol di handel pintu dan ada yang mesti pencet tombol remote dari jarak tertentu untuk membuka-mengunci pintu mobil.

Namun, ada anggapan bahwa penggunaan kaca film bisa mengganggu sinyal remote mobil sehingga sistem pengunci pintu mobil tidak bisa dioperasikan saat tombol ditekan.

"Sampai saat ini sebenarnya tidak pernah ada masalah dengan sinyal remote mobil terhadap penggunaan kaca film," tekan Lianto Winata, Busines Development Director PT V-Kool Indo Lestari kepada GridOto.com.

Menurut Lianto, base material yang digunakan kaca film sama sekali tidak ada hubungannya dengan gelombang sinyal remote sehingga tidak akan memengaruhi fungsi remote mobil.

Remote Keyless Toyota New Agya TRD Sportivo M/T
Radityo Herdianto
Remote Keyless Toyota New Agya TRD Sportivo M/T

Baca Juga: Habis Pasang Kaca Film, Ini Hal Yang Mesti dilakukan Pemilik Mobil

"Tidak bisa disamakan juga dengan sinyal dari handphone karena jenis gelombangnya berbeda, kekuatan frekuensinya juga beda," lanjut Lianto.

Raymond Lie, pemilik bengkel spesialis Komandan Key di Sunter, Jakarta Utara juga mengungkapkan material kaca film yang digunakan baik mengandung metal atau non-metal tidak akan mengganggu kerja sinyal remote mobil.

"Karena gelombang yang dihasilkan remote berupa radio frekuensi, dia hanya bisa terpengaruh oleh gelombang magnet seperti elektromagnetik dari menara BTS," terang Raymond.

Namun, menurut Raymond, penggunaan kaca film berbahan metal bisa mengganggu kerja sinyal beberapa remote mobil.

"Tapi itu untuk remote yang masih pakai sinar infra merah seperti di mobil lawas era 90-an, kandungan metal kaca film akan memantulkan pancaran sinar infra merah sehingga mobil tidak bisa dibuka dari remote," ujar Raymond.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa