Street Manners: Modifikasi Motor Custom Enggak Mesti Ekstrem, Penting Safety dan Nyaman Buat Harian

Yuka Samudera - Kamis, 25 Juni 2020 | 21:25 WIB

Honda Tiger Revo menjadi tracker klasik, berkiblat ke Honda CB223S. Tampil dengan ban dual purpose. (Yuka Samudera - )

GridOto.com - Banyak aliran modifikasi motor custom yang bisa dipilih. Mulai cafe racer, scrambler, tracker, bobber, chopper, streetcub, dan lainnya.

Mengendarai motor custom yang berbeda dari motor pabrikan jelas memiliki kesenangan tersendiri.

Tapi beberapa motor custom ada yang dibangun terlalu ekstrem biar tampil beda. Namun tidak memenuhi unsur laik jalan dan berkendara secara legal, yang ujung-ujungnya malah membuat stigma negatif.

Menurut Abraham bos Batakastem Workshop, modifikasi motor custom itu memang memiliki kesan sendiri. Namun seharusnya tidak merepotkan sang pengguna maupun orang lain ketika di jalan.

Olx.co.id
Ilustrasi Yamaha Scorpio custom

"Modifikasi motor custom itu sebenarnya bikin nagih. Punya kesan dan arti sendiri apalagi kalau ada nilai historisnya selama proses penggarapan. Tapi menurut saya, modifikasi motor custom masih bisa digarap dengan aman dan nyaman jika memang ingin dipakai untuk daily use, tapi tetap tidak meninggalkan nilai estetikanya," ujar Abraham.

Seperti motor-motor hasil garapan Batakastem Workshop, Abraham mengaku memiliki ciri khas dan rules tersendiri di motor-motor hasil garapannya.

"Kalau di Batakastem sendiri, kita berpatokan ke konsep bagaimana modifikasi motor custom itu tetap bisa nyaman dipakai untuk daily use atau harian," terang Abraham.